Tren Handphone 2019: Kamera di Layar dan Resolusi Besar

tren handphone 2019 kamera di layar
Foto: IT Home

Mendekati akhir tahun, layak kiranya kita membicarakan soal tren handphone 2019. Sedikit mengintip hal apa saja yang bisa mengubah wajah smartphone tahun depan.

Secara umum, desain dan fitur smartphone masa kini memang sudah matang. Di tahap ini, perubahan yang benar-benar radikal biasanya sudah jarang terjadi. Toh inovasi tetap berlangsung. Walau kadang nampak sedikit janggal.

Tren tahun 2018 menandai era kebangkitan layar handphone minim bingkai. Istilah kerennya bezel-less. Tahun ini menampilkan layar handphone berponi (notch) sebagai usaha memperluas bidang layar. Selain itu, penggunaan kamera ganda atau lebih marak hadir di berbagai merk. Tahun 2019 akan menghadirkan tren baru sehubungan dengan kamera di handphone.

Kamera Depan di Layar Handphone

Lupakan poni. Tren notch sebagai tempat duduk kamera dan berbagai sensor lain ternyata hanya berumur pendek. Alasannya, berbagai merk handphone sudah menemukan cara lain untuk menampilkan layar bezel-less.

Cara itu adalah membuat “lubang” di layar sebagai tempat kamera. Sedangkan berbagai sensor lain ada di balik layar. Dengan demikian, tujuan layar full screen tanpa bingkai berhasil dicapai.

Dari beberapa bocoran handphone yang beredar, cukup banyak yang menggunakannya. Samsung Galaxy S10, Huawei Nova 4, Honor View 20, dan Oppo R19 adalah beberapa nama yang muncul. Bahkan handphone Samsung Galaxy A8s sudah rilis di Cina dengan desain in-display camera ini.

honor view 20 event banner

Banner acara rilis global Honor View 20 (via: XDA Developer)

Huawei Nova 4 leaked

Bocoran Huawei Nova 4 (via IT Home)

Kamera Belakang Dengan Resolusi Besar

Beberapa tahun lalu, Nokia mengejutkan dunia dengan sistem kamera PureView berkekuatan 41 MP di Nokia 808. Setelah itu, Nokia kembali membawa resolusi “raksasa” itu di handphone Lumia 1020.

Tahun 2018, Huawei membawa kembali kamera belakang beresolusi 40 MP di Huawei P20 Pro (di samping sistem tiga kamera yang fenomenal). Lalu tahun 2019 mendatang, kamera beresolusi besar akan hadir lebih banyak lagi.

Apa saja handphone itu? Honor View 20 adalah salah satunya. Tapi tidak hanya itu. Samsung dan Sony sudah mengembangkan sensor kamera dengan kekuatan 48 MP. Lalu, Xiaomi juga disebut sedang mempersiapkan handphone dengan kamera belakang seperti itu.

kamera 48 mp xiaomi

Kamera handphone Xiaomi 48 mp (foto: Lin Bin, Weibo)

honor v20 camera resolution

Pilihan resolusi kamera Honor V20 (Foto: GSM Arena)

Memang, selain kedua hal di atas, masih ada beberapa hal menarik lain di dunia smartphone. Misalnya handphone game yang masih mencari bentuk ideal. Namun, di antara semua perkembangan, kamera di layar (in-display camera) dan kamera dengan resolusi besar adalah yang paling menarik perhatian. Cukup untuk disebut sebagai tren handphone 2019.

Ada komentar?