Tips Mengatasi Lag Saat Bermain Game Android

Tips Anti Lag Bermain Game Android

Kali ini kami akan membahas tips mengatasi lag saat bermain game di smartphone Android. Tentunya berguna buat kamu mobile gamer kelas berat.

Mungkin ada banyak dari kalian lebih memilih bermain game mobile daripada game PC karena mobilitasnya yang tinggi. Kamu bisa bermain game dengan gadget kamu dimana saja dan kapan saja, tidak seperti game PC ataupun konsol yang harus diam di tempat.

Tapi ada satu hal yang harus kamu ingat, kadang kelebihan seperti itu bisa juga menjadi kekurangan. Dengan jaringan wireless, kamu pasti akan merasakan di saat koneksi tidak stabil yang menjadikan ping membengkak dan bermain game di Android pun jadi lag.

Maka dari itu, dibawah ini ada beberapa tips yang mungkin bisa membantu agar waktu bermain game mobile kesukaan kamu tidak terganggu oleh lag dan sebagainya.

Cari Wifi Speed Dewa

Tips Anti Lag Bermain Game Android

Akui saja kalau kamu termasuk salah satu orang yang akan segera menggunakan jaringan Wifi disaat nongkrong di cafe atau mampir di rumah teman yang memasang koneksi Wifi. Wajar sih, bisa irit kuota.

Disaat kamu bermain game mobile menggunakan Wifi, pastikan Wifi tersebut memiliki speed yang cukup ya minimal ping bisa dibawah 50 agar terhindar dari lag.

Berdekatan Dengan Router

Tips Anti Lag Bermain Game Android

Percayalah, semakin dekat kamu dengan router Wifi, semakin kencang juga speed yang akan kamu dapatkan. Jadi kalau kamu lagi numpang Wifi, cari lokasi dipasangnya router lalu sebisa mungkin kamu berada didekatnya. Juga pastikan tidak ada tembok, kaca, atau berbeda lantai.

Kalau kamu tidak mengetahui lokasi dipasangnya router Wifi, coba periksa signal pada gadgetmu. Kalau signal sampai mentok, berarti kamu sudah dekat dengan posisi router.

‘Close’ Semua Aplikasi Kecuali Game yang Dimainkan

Tips Anti Lag Bermain Game Android

Semua aplikasi pada perangkat mobile, akan mengonsumsi banyak sumber daya dari perangkat tersebut. Mulai dari CPU, memory, sampai ke baterai. Ketika banyak aplikasi yang masih tersedia di recent apps, segera close.

Karena semakin banyak aplikasi yang masih dibuka, akan semakin berat pula perangkat kamu untuk membaca aplikasi game. Alhasil, kamu pasti bermain dengan keadan patah-patah atau lag. Ditambah, perangkat kamu akan cepat panas.

Matikan Auto Update dan Background Refresh

Tips Anti Lag Bermain Game Android

Fitur ini memang sangat membantu agar notifikasi dari aplikasi tidak tertunda atau tidak ada notifikasi sebelum kamu buka aplikasi tersebut. Tapi kalu kamu sering merasa tidak nyaman karena lag disaat bermain game mobile, ada baiknya matikan dua fitur tersebut.

Karena kamu tidak akan tahu pasti berapa banyak aplikasi di perangkatmu yang menggunakan akses jaringan dan membuat kualitas koneksi saat bermain game jadi terganggu.

Bermain Game Mobile di PC

Tips Anti Lag Bermain Game Android

Masih merasakan gangguan saat bermain game mobile di perangkat kesayangan kamu? Berarti ini adalah cara terakhir. Kalau kamu memiliki PC atau Laptop, tidak ada salahnya untuk menginstall software Emulator Android yang mudah dicari.

Tapi pastikan juga jaringan koneksi pada PC atau Laptop kamu tidak bermasalah. Ada baiknya kamu juga memasang kabel LAN yang langsung terhubung dengan jaringan broadband. Cara ini dijamin ampuh untuk mengatasi lag pada game mobile.

Itulah tadi beberapa tips agar tidak ada gangguan saat bermain game mobile.

Coba satu persatu cara diatas, ya!