Hati-Hati.. Begini Cara Mengetahui Akun Facebook Dibuka Orang Lain

Indri Penulis

Penasaran akun Facebook-mu pernah dibobol orang lain? Cobain cara mengetahui akun Facebook yang pernah dibuka orang lain di sini.

Pernah nggak sih, kamu merasa heran dengan aktivitas akun Facebook-mu yang nggak wajar? Mungkin tiba-tiba akun Facebook-mu nge-inbox orang lain, bikin status, ngomen foto orang lain, dll, tapi yang melakukan itu semua bukan kamu.

Atau.. Kamu nggak pernah menjumpai hal-hal janggal seperti di atas, tapi kamu “iseng-iseng” merasa penasaran apakah akun Facebook-mu pernah dibuka orang lain atau nggak.

Nah dari pada kamu penasaran, mending kamu langsung cobain cara mengetahui akun Facebook yang pernah dibuka orang lain berikut ini deh.

Cara Mengetahui Akun Facebook Dibuka Orang Lain

Banyak orang belum tahu, sebenarnya Facebook telah menyediakan fitur agar kita bisa melihat kondisi akun, apakah akun kita pernah dibuka orang lain atau tidak.

  • Pertama, buka akun Facebook-mu.
  • Setelah itu, klik panah kecil di sudut kanan atas (di samping kanan logo lonceng).
  • Klik “Settings and Privacy > Settings.”
  • Setelah halaman Settings terbuka, carilah “Security and login” di panah sisi kiri layar.

Selanjutnya, kamu bakal dibawa ke halaman keamanan. Di halaman tersebut, kamu bakal menemukan banyak fitur untuk mencegah orang lain mengakses akun Facebook-mu.

Dari sekian fitur yang ada di halaman itu, coba klik fitur “Where you’re logged in.” Di bagian itu, kamu bisa melihat daftar semua perangkat lengkap dengan lokasi mereka pernah mengakses akunmu.

Oya perlu kamu ingat, daftar yang ada di bagian “Where you’re logged in” bukan berasal dari login Facebook saja lho. Daftar ini menggabungkan login Facebook dengan Messenger.

Cara Hapus Perangkat “Asing”

Kalau kamu menemukan ada perangkat asing yang pernah mengakses akunmu secara ilegal, kamu bisa langsung menghapusnya.

Untuk mencabut akses perangkat tersebut dari akunmu, klik “tiga titik vertikal” di sebelah perangkat yang ingin kamu hapus. Selanjutnya, klik opsi “Not you” atau “Logout.”

Kalau kamu pilih opsi “Not you,” Facebook akan langsung memblokir perangkat tersebut. Dia ‘selamanya’ nggak akan bisa masuk ke akunmu. Tapi kalau kamu pilih “Logout,” aksesnya akan dicabut tapi dia berpotensi kembali mengakses akunmu (apalagi kalau dia mengetahui password-mu).

Sebagai tambahan, setelah kamu menghapus akses perangkat asing dari akunmu, saya sarankan agar kamu cepat-cepat mengganti password Facebook-mu. Jaga-jaga kalau orang yang kamu hapus aksesnya tadi mencoba login pakai perangkat berbeda.

Oya, biar makin mantab, kamu juga bisa baca tips lengkap menjaga keamanan akun dari serangan hacker di sini.

    %d blogger menyukai ini: