Menggunakan Hotspot Seluler di Android untuk Keperluan Sehari-hari

hotspot seluler di smartphone android

Saat ini paket kuota data seluler untuk koneksi internet di smartphone sudah relatif besar. Kemudian mungkin ada yang bertanya, layakkah smartphone Android dipakai sebagai hotspot atau tethering dengan data seluler?

Jawaban sederhananya: Ya bisa saja. Kenapa tidak? Dengan memakai smartphone untuk tethering, kamu bisa lebih irit dengan tidak membeli modem lain. Kamu juga bisa mengontrol pemakaiannya sedikit lebih baik.

Mari kita lihat bersama.

Cara Membuat Hotspot di Ponsel Android

  1. Buka halaman ‘Setelan‘ di ponsel.
  2. Masuk ke Jaringan & Internet > Hotspot & Tethering > Wi-Fi Hotspot.
  3. Aktifkan tombol Wi-Fi Hotspot.
  4. Beri nama dan beri sandi (password) Hotspot tersebut.
  5. Atur pilihan lain β€” misalnya menyembunyikan SSID (hotspot), nonaktifkan secara otomatis, membatasi perangkat, dll β€” sesuai keinginanmu.

Harap diperhatikan, tampilan atau cara memakai Hotspot bisa berbeda tergantung merek ponsel yang kamu pakai. Biasanya ponsel yang memiliki skin Android sendiri punya fitur yang sedikit berbeda. Namun, secara prinsip tetap sama.

setelan hotspot seluler di android rog phone

Tips Memakai Hotspot Android

Mungkin ada yang kuatir ketika memakai ponsel Android untuk tethering, terutama berhubungan dengan keawetan. Hm, saya sudah memakai ponsel Android sebagai hotspot dengan data seluler selama lebih dari 3 tahun. Saya juga sudah memakai beberapa ponsel untuk hal ini. Yah, paling tidak ponsel yang kami review, seperti ASUS ZenFone Max Pro M1, Realme 5 Pro, atau ROG Phone. Sejauh ini tidak ada masalah (Bahkan untuk tethering dan main game. Kecuali kalau sinyal drop. Hehehe).

Salah satu keuntungan yang cukup menarik adalah kamu bisa memantau pemakaian kuota internet di ponsel. Setelah kamu menetapkan batas kuota, kamu bisa mendapat pemberitahuan kalau kuota tersebut hampir habis. Ini berguna juga sebagai crosscheck dengan aplikasi dari provider yang kamu pakai (kemungkinan hasilnya berbeda, tapi bisa buat jaga-jaga).

Keuntungan lain adalah kamu bisa membatasi jumlah perangkat yang terhubung dengan hotspot di ponsel. Hal ini memang tergantung fitur yang ada di ponsel yang kamu pakai. Tapi kamu bisa menentukan atau memblokir perangkat. Jadi, kamu bisa sedikit lebih tenang.

Memang saat ini smartphone sudah menjadi perangkat yang sangat powerful. Fungsinya sudah tidak sekedar berkomunikasi saja. Tinggal bagaimana kamu mengoptimalkan pemakaian smartphone itu dengan lebih baik.

%d blogger menyukai ini: