Cara Menggunakan Aplikasi Your Phone di Windows

Aplikasi Your Phone bisa menghubungkan ponsel Android kalian ke Windows. Begini cara mudah menggunakan aplikasi Your Phone di Windows.

Beberapa dari kalian mungkin ada yang masih asing dengan aplikasi Your Phone. Aplikasi ini dibuat oleh Microsoft untuk menghubungkan smartphone Android dengan perangkat Windows.

Jadi dengan aplikasi ini, kalian bisa mengakses berbagai informasi ponsel lewat komputer. Misalnya membuka galeri foto, melihat wallpaper, menerima telepon, dll.

Cara memakai aplikasi ini juga mudah. Tapi kalau kalian masih bingung, kalian bisa baca cara menggunakan aplikasi Your Phone di Windows berikut ini.

Cara Menggunakan Your Phone di Windows

Cara Settings Aplikasi Your Phones

Sumber Gambar : Android Police

Sebelum memakai Your Phone di Windows, kalian perlu menginstal aplikasi Your Phone di ponsel dan PC. Setelah itu, kalian harus melakukan beberapa pengaturan.

Sumber Gambar : Android Police
  • Instal aplikasi Your Phone di ponsel.
  • Instal juga aplikasi di PC (biasanya Your Phone otomatis ada di versi Windows terbaru).
  • Buka aplikasi di dua perangkat.
  • Login di dua aplikasi dengan akun Microsoft yang sama.
  • Di ponsel, aplikasi Android akan meminta beberapa izin ke kalian.
  • Berikan izin sesuai apa yang diminta Aplikasi.
  • Selanjutnya, tunggu proses pemasangan sampai selesai.
Sumber Gambar : Android Police

Khusus di ponsel Samsung, proses pengaturan agak sedikit berbeda. Ponsel Galaxy terbaru punya ‘Link to Windows’ yang otomatis sudah ada di OS. Jadi kalian tidak perlu install aplikasi Your Phone.

Kalian hanya perlu membuka menu pengaturan cepat dan tapLink to Windows.’ Setelah itu kalian bakal dibawa ke halaman login Microsoft. Di sana, kalian tinggal mengikuti langkah-langkah yang tersedia.

Your Phone sendiri punya segudang fitur menarik. Saya akan membahas satu per satu fitur-fitur yang dimiliki aplikasi ini.

Fitur-fitur di Aplikasi Your Phone

Notifications

Fitur ini bisa kalian pakai untuk menerima notifikasi ponsel di komputer. Sebenarnya secara default, fitur ini sudah bekerja dengan baik.

Tapi kalau mau, kalian bisa memilih notifikasi dari aplikasi tertentu untuk ditampilkan ke komputer. Misalnya kalian hanya mengizinkan notifikasi WhatsApp dan Instagram tampil di komputer.

Notifikasi yang ditampilkan aplikasi ke komputer dapat berjalan lancar, tanpa penundaan. Bahkan kalian juga bisa membalas chat langsung dari komputer.

Calls

Sesuai namanya, fitur ini memungkinkan kalian menerima atau melakukan panggilan lewat komputer. Fitur ini punya layar dialer yang bagus, serta bisa menyinkronkan kontak dan riwayat panggilan.

Saat pertama memakai fitur ini, kalian akan dipandu untuk melakukan proses pengaturan. Setelah itu, akan muncul pop-up di ponsel untuk meminta izin akses. Setelah itu, fitur Calls sudah bisa digunakan.

Messages

Selain punya Calls untuk menerima dan melakukan panggilan, Your Phones juga punya Messages. Fitur ini bisa kalian pakai untuk menulis pesan baru, mengirim atau menerima SMS langsung dari komputer.

Photos

Fitur ini dapat menyinkronkan foto-foto yang ada di galeri ponsel ke komputer. Tapi semuanya tergantung koneksi internet kalian. Kalau koneksi bagus, fitur ini bisa menyinkronkan sampai 2.000 foto ke PC.

Di fitur ini, kalian bakal menemukan beberapa cara untuk berinteraksi dengan foto. Misalnya berbagi foto, menyimpan salinan, atau mengedit foto tanpa mengubah file asli.

Tapi perlu kalian ingat, fitur Photos hanya menyinkronkan foto yang ada di folder Camera dan Screenshots. Sedangkan foto-foto yang ada di folder lain (Instagram, WhatsApp, dll) tidak bisa disinkronkan.

Music Playback Controls

Sesuai namanya, fitur ini memungkinkan kalian mengontrol lagu yang ada di ponsel lewat PC. Misal kalian sedang streaming lagu Spotify di ponsel. Kalian bisa ganti lagu lewat PC dengan fitur ini.

Continue on PC

Sumber Gambar : Android Police

Fitur ini bisa kalian pakai saat browsing di ponsel, tapi ingin pindah browsing ke PC. Kalau pakai fitur ini, kalian tidak perlu memindahkan URL dari ponsel ke PC. Karena Continue on PC sudah otomatis menyinkronkan URL.

Phone Screen

Sumber Gambar : Android Police

Phone Screen akan membuat kloningan layar ponsel di PC kalian. Bagaimana tampilan layar ponsel kalian, seperti itulah tampilan yang bakal tampil di layar PC.

Bukan cuma kloningan layar biasa. Di sini kalian juga bisa mengoperasi menu-menu yang ada di ponsel menggunakan mouse.

Drag-and-drop File Sharing

Sumber Gambar : Android Police

Sebenarnya drag-and-drop file masih berada di dalam fitur Phone Screen. Fitur ini sangat cocok untuk kalian yang sering memindahkan file dari ponsel ke PC, atau sebaliknya. Cara pakai fitur ini sangat mudah.

  • Buka Phone Screen di PC.
  • Buka folderFile Manager’ yang ada di ponsel kalian.
  • Tekan lama pada file yang ingin kalian pindah.
  • Tekan lama file untuk kedua kalinya, untuk drag file.
  • Selanjutnya, drop file ke bagian mana saja di PC.
  • Proses yang sama juga berlaku untuk file di galeri ponsel.

Kalau kalian ingin memindahkan file dari PC, pilih semua file yang ingin dipindah. Setelah itu, drag-and-drop semua file di jendela Phone Screen. Semua file itu bakal masuk di folder Download ponsel kalian.

%d blogger menyukai ini: