instagram for android

7 Tips Untuk Menjaga Privasi di Instagram

Fitur Instagram sekarang sudah begitu banyak. Sampai mungkin kamu tidak hapal lagi. Salah satu imbasnya adalah kita kadang kurang memperhatikan privasi. Untuk itu, silakan tips menjaga privasi di Instagram berikut ini.

Yah, namanya media sosial. Selalu ada resiko diintip, diganggu, atau bahkan diambil kontennya. Sampai tahap tertentu, kita masih bisa bertoleransi. Namun daripada mengambil resiko, tidak ada salah berjaga-jaga.

Nah, ada beberapa hal yang layak kamu pertimbangkan untuk menjaga privasi.

1. Pisahkan Akun Instagram

Saat menggunakan Instagram, pikir dulu, apakah akan kamu pakai untuk kepentingan pribadi atau bersosialisasi. Kepentingan pribadi bisa untuk sekedar berbagi foto dengan teman dan keluarga. Bersosialisasi, di sisi lain, jelas bisa menambah teman baru (yang kamu belum kenal) atau bahkan kamu bisa populer.

Kalau kamu punya dua kepentingan berbeda, ada baiknya pisahkan akun tersebut. Akan lebih baik lagi apabila yang satu merupakan akun bisnis Instagram dan yang lain akun personal.

2. Buat Akun Pribadi

Kalau kamu ingin benar-benar menjaga privasi di Instagram, tentu saja lebih baik kamu mengunci akun sebagai akun pribadi. Sebagai akun pribadi, pengguna lain tidak bisa langsung mengikuti (follow) akunmu. Alih-alih, mereka membutuhkan persetujuanmu.

Dengan begitu, kamu bisa menyaring siapa saja yang bisa mengikuti kegiatanmu. Kamu juga tahu siapa saja yang follow. Kalau suatu akun terlihat mencurigakan, tolak saja.

3. Buat Daftar Teman Dekat

Fitur ini juga ampuh untuk menjaga privasi. Kamu bisa membuat daftar teman dan memisahkan kepentingannya. Misalnya teman dan keluarga.

Nah, saat kamu membuat kiriman Instagram yang agak personal, kamu bisa memilih untuk hanya membaginya dengan orang yang ada di daftar tersebut. Jadi lebih terbatas, tidak semua orang melihat.

Kami pernah membahas soal berbagi kiriman untuk teman dekat di Instagram.

4. Kontrol Komentar

Supaya komentar di kirimanmu tidak rusuh, kamu bisa mengaturnya. Buka halaman Pengaturan > Kontrol Komentar. Di sana kamu bisa mengatur siapa yang bisa berkomentar, blokir komentar dari pengguna tertentu, menyembunyikan komentar yang kasar, dan membuat penyaringan kata tertentu.

5. Kontrol Story

Begitu juga untuk Instagram Stories. Kamu bisa mengatur privasi untuk fitur ini. Buka halaman Pengaturan > Kontrol Cerita. Di sana, kamu bisa mengatur untuk menyembunyikan Story dari akun tertentu, mengijinkan balasan, ijin untuk membagi ulang sebagai pesan pribadi atau sorotan, dll. Hal ini akan menjaga privasi di Instagram lebih ketat dan mencegah Story jadi bahan gosip.

6. Ijin Membagi Kiriman ke Cerita

Di bagian ini (Pengaturan > Membagikan ulang ke Cerita) kamu bisa mengatur apakah foto atau video di beranda dan IGTV boleh dibagikan sebagai cerita atau tidak. Kalau kamu tidak ingin kontenmu jadi bahan gosip, ini salah satu caranya.

7. Blokir Akun

Kalau kamu menemui ada akun pengguna lain yang mengganggu, blokir saja akun mereka. Kalau sudah diblokir, mereka tidak bisa mencari dan melihat profilmu, termasuk melihat kiriman dan Story milikmu. Orang yang kamu blokir tidak menerima pemberitahuan soal pemblokiran. Sekedar informasi, mereka masih bisa menyebut (mention) namamu di caption atau komentar mereka.

More Stories
FPS Drop Bukan Karena Koneksi Internet? Ini Penjelasannya
FPS Drop Bukan Karena Koneksi Internet? Ini Penjelasannya