Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Cara Menyalakan Lampu Keyboard Laptop ASUS dengan Mudah

Bisa ngetik di ruangan yang gelap berkat adanya backlit keyboard di laptop ASUS

Cara Menyalakan Lampu Keyboard Laptop ASUS dengan Mudah
Febri Penulis

Teruntuk kamu yang baru saja membeli laptop baru brand ASUS dan sedang mencari panduan cara menyalakan lampu keyboard laptop ASUS. Kamu berada di artikel yang tepat, karena di sini akan saya bagikan panduan terlengkap mengenai backlit laptop ASUS.

Terkait backlit laptop ASUS yang kamu perlu tahu adalah detail dari keyboard -nya, kita tahu kalau laptop ASUS yang biasanya sudah dilengkapi dengan lampu latar keyboard. Lampu keyboard atau backlit keyboard ini berguna saat mengetik ditempat yang kurang cahaya atau gelap.

  • Solusi Cepat
    Untuk kamu pengguna laptop ASUS yang ingin tahu cara menyalakan lampu keyboard di laptop ASUS, kamu bisa ikuti panduan berikut: Pertama kamu bisa tekan tombol FN + F7 pada keyboard atau FN + UP/FN + Down atau FN + F3/FN + F4.

Cara Menyalakan Lampu Keyboard Laptop ASUS dengan Mudah

Nah dari sini, saya akan bagikan cara menyalakan lampu keyboard terutama di laptop ASUS desain baru. Langkah-langkahnya cukup mudah, hanya perlu menyesuaikan dengan seri laptop saja. Setidaknya ada 3 cara yang bisa dicoba, berikut penjelasannya:

1. Menyalakan lampu keyword dengan tombol FN+F7

Cara Menyalakan Lampu Keyboard Laptop ASUS dengan Mudah

Ini adalah cara yang paling umum digunakan, karena sebagian besar laptop ASUS, menggunakan model keyboard ini. Seperti halnya laptop ASUS Vivobook Ultra 15 OLED atau laptop ASUS series lain.

Nah sebelum memulai, perhatikan baris tombol F yang berada di paling atas. Di sana terdapat jenis-jenis simbol yang berbeda. Misalnya carilah tombol F7, apakah ada simbol lampu? Jika iya, kombinasikan tombol FN + F7 secara bersamaan.

Baca Juga:  Review ROG Phone 6: Semakin Absolut Duduk Di Posisi Puncak Ponsel Gaming

Kamu bisa atur kecerahannya dengan menahan kombinasi tersebut atau pencet satu persatu. Langkah ini juga berfungsi untuk menonaktifkan lampu keyboard tersebut.

2. Menyalakan lampu keyword laptop dengan tombol FN+F3 atau FN+F4

Cara Menyalakan Lampu Keyboard Laptop ASUS dengan Mudah

Jika cara pertama tidak bisa alias simbolnya tidak ada, mungkin karena tombol keyboardnya saja yang berbeda. Coba perhatikan lagi pada F3 dan F4, apakah ada simbol yang menggambarkan keyboard?

Jika ada, maka tombol inilah yang memiliki fungsi menyalakan, mematikan, dan menaik turunkan intensitas cahaya lampu keyboard.

Sama seperti cara pertama, perlu kombinasi dengan FN. Hanya saja fungsinya yang dipisah. kombinsai FN + F4 untuk mencerahkan dan FN+F3 akan menurunkan intenitas cahaya.

Sedangkan untuk mematikannya bisa dilakukan dengan cara menahan sampai indikator bar-nya habis, lalu backlight keyboard akan mati.

3. Menyalakan lampu keyboard laptop dengan tombol FN+Up dan FN+Down

Cara Menyalakan Lampu Keyboard Laptop ASUS dengan Mudah

Berbeda dengan cara-cara sebelumnya. Khusus untuk keyboard laptop gaming ROG Flow Z13 atau laptop gaming lainnya, menyalakan lampu keyboard dapat dilakukan dengan kombinasi FN+Up . Sedangkan untuk menurunkannya dengan kombinasi FN+Down.

Sama dengan cara sebelumnya, kedua kombinasi tersebut jika ditekan secara terus menerus maka juga akan memenaikkan atau menurunkan intensitas cahaya.

Keyboard laptop Gaming memang sengaja dibuat berbeda dengan yang lain. Karena untuk kepentingan bermain game, player terkadang lebih memerlukan naik-turun cahaya lampu keyboard agar tidak menggangu dalam bermain game.

Atau bisa juga karena para player lebih membutuhkan kombinasi FN + F key untuk tombol cepat dalam sebuah game.

FAQ: Permasalahan yang Sering Muncul pada Lampu Latar Keyboard Laptop ASUS

kenapa lampu keyboard laptop asus tidak menyala?

Bisa jadi rusak, coba restart terlebih dahulu laptopnya. Jika tidak bisa juga, pastikan kondisi keyboard atau tombol keyboardnya normal. Selanjutnya jika kondisi keyboard dapat berfungsi normal tapi fitur backlit tidak berfungsi, coba hard reset, restore BIOS settings, instal ulang driver ASUS System Control Interface dan terakhir bisa coba lakukan Reset PC/laptop.

Baca Juga:  ASUS ZenFone 9 Dikonfirmasi akan Rilis Tanggal 28 Juli 2022

Bagaimana cara menyalakan lampu latar keyboard supaya menyala?

Paling umum kamu bisa tekan tombol FN+F7 atau kamu bisa perhatikan tombol paling atas dari keyboard laptop kamu. Biasanya ada juga yang diletakkan di tombol F3 dan F4, begitu juga bisa kamu gunakan tombol FN+Up dan FN+Down.

Apa itu backlit keyboard?

Backlit keyboard atau bisa kita sebut lampu latar keyboard, backlit itu semacam fitur yang ada di laptop ASUS. Fitur ini memberikan cahaya atau penerangan dibagian bawah keyboard laptop ASUS, sehingga kita jadi bisa tahu huruf dan tombol yang ada di laptop meskipun keadaan cahaya sekitar sedang redup atau kurang cahaya.

Bagaimana cara mematikan backlit laptop ASUS?

Untuk mematikan lampu latar keyboard (backlit) keyboard bisa kamu gunakan tombol FN+F7 atau tekan tombol yang sama dengan menyalakan backlit, cukup tekan 2-3 kali maka backlit akan segera padam atau mati.

What’s Next: Berkat Adanya Backlit Laptop ASUS, Jadi Bisa Ngetik di Kegelapan

Itulah panduan lengkap cara menyalakan lampu keyboard laptop ASUS dengan mudah, cepat dan praktis. Saya rasa untuk pemula yang baru punya laptop ASUS akan mudah untuk dipahami dan dicoba.

Namun, jika kamu masih kesulitan atau punya masalah dengan backlit keyboard milik ASUS, jangan sungkan untuk menyampaikannya di kolom komentar. Nanti bisa kita diskusikan bersama.

Kalau menurut kamu tentang fitur lampu latar keyboard ini bagaimana, apakah fitur ini bermanfaat untuk kamu atau hanya fitur pajangan yang tidak berguna sama sekali?


Jika ada pertanyaan atau saran lebih lanjut, silakan tulis di kolom komentar atau kirim email ke [email protected] Kamu juga bisa berlangganan berita atau artikel seputar teknologi, aplikasi & internet seperti di atas melalui halaman urbandigital di Google News.