Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner

Cara Menyalakan Lampu Keyboard di Laptop ASUS, 2x Klik Kelar

Cara menyalakan lampu keyboard di laptop asus

Bagi yang baru saja membeli laptop baru terutama ASUS, yang kamu perlu tahu adalah detail dari keyboardnya. Yang biasanya sudah dilengkapi dengan lampu. Lampu keyboard atau backlight keyboard ini berguna saat mengetik ditempat yang kurang cahaya atau gelap.

Nah dari sini, saya akan bagikan cara menyalakan lampu keyboard terutama di laptop ASUS. Langkah-langkahnya cukup mudah, hanya perlu menyesuaikan dengan seri laptop saja. Setidaknya ada 3 cara yang bisa dicoba, berikut penjelasannya:

popculture.id

Cara Pertama – Produk Umum

Ini adalah cara yang paling umum digunakan, karena sebagian besar laptop ASUS, menggunakan model keyboard ini.

Nah sebelum memulai, perhatikan baris tombol F yang berada di paling atas. Di sana terdapat jenis-jenis simbol yang berbeda. Misalnya carilah tombol F7, apakah ada simbol lampu? Jika iya, kombinasikan tombol FN + F7 secara bersamaan.

Kamu bisa atur kecerahannya dengan menahan kombinasi tersebut atau pencet satu persatu. Langkah ini juga berfungsi untuk menonaktifkan lampu keyboard tersebut.

Cara Kedua – Sebagian Produk

Jika cara pertama tidak bisa alias simbolnya tidak ada, mungkin karena tombol keyboardnya saja yang berbeda. Coba perhatikan lagi pada F3 dan F4, apakah ada simbol yang menggambarkan keyboard? Jika ada, maka tombol inilah yang memiliki fungsi menyalakan, mematikan, dan menaik turunkan intensitas cahaya lampu keyboard.

Sama seperti cara pertama, perlu kombinasi dengan FN. Hanya saja fungsinya yang dipisah. kombinsai FN + F4 untuk mencerahkan dan FN+F3 akan menurunkan intenitas cahaya.

Sedangkan untuk mematikannya bisa dilakukan dengan cara menahan sampai indikator bar-nya habis, lalu backlight keyboard akan mati.

Cara Ketiga – Model Laptop Gaming

Berbeda dengan cara-cara sebelumnya. Khusus untuk keyboard laptop gaming, menyalakan lampu keyboard dapat dilakukan dengan kombinasi FN+Up . Sedangkan untuk menurunkannya dengan kombinasi FN+Down.

Sama dengan cara sebelumnya, kedua kombinasi tersebut jika ditekan secara terus menerus maka juga akan memenaikkan atau menurunkan intensitas cahaya.

Keyboard laptop Gaming memang sengaja dibuat berbeda dengan yang lain. Karena untuk kepentingan bermain game, player terkadang lebih memerlukan naik-turun cahaya lampu keyboard agar tidak menggangu dalam bermain game.

Atau bisa juga karena para player lebih membutuhkan kombinasi FN + F key untuk tombol cepat dalam sebuah game.

Demikian adalah cara menyalakan lampu keyboard terutama di laptop ASUS yang paling mudah dan cepat. Cukup dengan 2x sampai 4x klik masalah bisa teratasi.

    %d blogger menyukai ini: