Microsoft Menyimpan Film ‘Superman’ Dalam Selembar Kaca

film superman di lembar kaca project silica
Foto: Microsoft

Microsoft mengembangkan teknologi baru untuk media penyimpanan data dengan kaca. Sebagai bukti pencapaiannya, Microsoft bekerjasama dengan Warner Bros. menyimpan film ‘Superman’ (1978) dalam selembar kaca berukuran 75 x 75 x 2 mm.

Hal ini merupakan bagian dari penelitian Project Silica dari Microsoft. Proyek ini bertujuan mengembangkan teknologi baru untuk penyimpanan data yang tahan lama.

Bagaimana bisa meyimpan data dengan aman dan tahan lama memang selalu menjadi tantangan. Foto, buku, CD, bahkan harddrive memiliki batasan umur sendiri, dan tidak cukup lama bertahan. Film dokumenter ‘Side by Side’ yang dinarasikan oleh Keanu Reeves pernah membahas hal ini untuk film.

Warner Bros. yang juga mencari cara untuk mengamankan berbagai koleksi bersejarahnya β€” seperti film ‘Casablanca’ β€” melakukan pendekatan pada Microsoft begitu mengetahui proyek ini.

penyimpanan film warner bros
Ruang penyimpanan film Warner Bros.

“Bayangkan jika judul (film) seperti ‘Wizard of OZ’ atau serial seperti ‘Friends’ tidak tersedia lintas generasi untuk bisa dinikmati, ditonton, dan dipelajari,” kata Pimpinan Divisi Teknologi Warner Bros. Vicky Colf.

Di Project Silica, Microsoft menggunakan bahan kaca kuarsa sebagai media penyimpanan. Mereka memanfaatkan laser dan teknologi AI untuk “menulis” data di “voxel” β€” bentuk 3 dimensi pixel β€” dalam kaca tersebut. Teknologi AI nanti bisa “membaca” ulang data tersebut.

perbandingan penyimpanan film superman
Penyimpanan filn ‘Superman’ di kaca

Kaca kuarsa tersebut mampu bertahan saat direbus di air mendidih, dipanggang di oven, dipanaskan dengan microwave, direndam dalam air, digores, dan ancaman lingkungan lain yang bisa menghancurkan catatan sejarah.

“Menyimpan seluruh film ‘Superman’ di kaca dan bisa melihatnya ulang adalah lompatan besar,” kata Pimpinan Divisi Teknologi Azure dari Microsoft, Mark Russinovich. “Saya tidak mengatakan semua pertanyaan sudah terjawab, tapi kelihatannya kita berada di tahap penyempurnaan dan uji coba, bukan bertanya ‘Apa kita bisa melakukannya?'”

Film klasik ‘Superman’ dari tahun 1978 ini memiliki ukuran data sebesar 75,6GB. Semua data itu bisa tersimpan di kaca kuarsa berukuran 7,5 x 7,5 x 2 mm. Sebuah pencapaian yang luar biasa. Ini bagaikan memerangkap Jenderal Zod, Ursa, dan Non di Phantom Zone pada film ‘Superman II’ (1980).