[UPDATE] Microsoft Beli Nuance, Penyedia Teknologi Analisa Suara Siri

siri

Microsoft sudah mengumumkan pembelian perusahaan Nuance. Sebelumnya, rumor mendahului hadir dan menyebutkan bahwa Microsoft sedang berdiskusi dengan Nuance Communication, untuk mengakuisisi perusahaan penyedia teknologi analisa suara untuk Siri tersebut.

Ya, kamu tidak salah baca.

Siri, seperti kita ketahui, adalah asisten virtual yang hadir di berbagai sistem operasi di perangkat Apple. Mulai dari iOS, iPadOS, watchOS, macOS, sampai tvOS. Asisten virtual Apple menggunakan teknologi pengenalan suara dari Nuance Communication.

Kabar Akuisisi

Menurut Bloomberg, berdasar sumber yang tidak disebut namanya, Microsoft sedang dalam tahap diskusi dengan Nuance Communication untuk mengakuisisi perusahaan tersebut dengan nilai sekitar $16 milyar.

Sumber tersebut juga menyebutkan bahwa walau diskusi masih akan berjalan minggu ini, kesepakatan bisa terjadi paling cepat minggu depan. Walau begitu bisa juga kesepakatan itu batal.

Bloomberg menyebutkan kalau sejauh ini perwakilan dari Microsoft menolak memberi komentar. Sedangkan perwakilan dari Nuance tidak memberikan respon secara kangsung.

Hubungan Nuance dengan Microsoft dan Apple

Microsoft dan Nuance sudah melakukan kerja sama sebelum ini, sejak tahun 2019. Misalnya agar Dokter bisa merekam percakapan dengan pasien dan memasukkannya dalam catatan medis pasien tersebut.

Sementara, hubungan Nuance dengan Apple sedikit lebih menarik. Nuance dan Apple tidak memberitahu kerja sama mereka ke publik bertahun-tahun. Baru pada tahun 2011, CEO Nuance menyebutkan kalau teknologi mereka yang Siri gunakan untuk pengenalan suara.

Entah bagaimana kesepakatan antara Microsoft dan Nuance ini β€” kalau terjadi β€” akan mempengaruhi Siri dan Apple.

Microsoft Rajin Belanja

Microsoft sendiri kelihatannya memang sedang giat menyasar perusahaan-perusahaan strategis. Yang terakhir, Microsoft membeli Zenimax, yang termasuk di dalamnya adalah Bethesda Softwork (pengembang Fallout dan The Elder Scrolls).

Selain itu, Microsoft juga dikabarkan berniat membeli Discord, aplikasi obrolan suara dan teks untuk komunitas. Nilai kesepakatan ini disebut sekiat $10 milyar.

Kalau Microsoft jadi membeli Nuance dengan nilai $16 milyar, maka ini akan menjadi akuisisi terbesar kedua setelah LinkedIn di tahun 2016 yang memiliki nilai $24 milyar.

UPDATE: Microsoft Akuisisi Nuance

Akhirnya Microsoft mengumumkan kalau mereka membeli Nuance Communication dengan nilai $19,7 milyar.

Selain produk hasil kerja sama di bidang medis terdahulu, keahlian Nuance dalam bidang pengenalan suara, asisten virtual, dan otentikasi biometrik akan mendapat dukungan dan integrasi berbagai teknologi cloud dari Microsoft, termasuk Azure, Teams, Dynamics 365 untuk bisa memberikan layanan konsumen yang lebih canggih.

%d blogger menyukai ini: