Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Microsoft Tambahkan Saran Formula di Excel Online Beserta Fitur Baru Lain

microsoft excel
Anom Penulis

Aplikasi Microsoft Excel di web (online) akan mendapat fitur baru yang memudahkan penggunanya. Beberapa fitur baru itu di antaranya: Saran formula, saran tautan (link), dan memasukkan gambar lewat link website.

Pembaruan ini Microsoft umumkan di blog resmi Excel. Selain pembaruan pada aplikasi Excel online, juga ada pembaruan untuk aplikasi desktop. Tapi memang fitur untuk aplikasi web-lah yang tampak menarik.

Fitur saran formula menjadi salah satu hal yang mungkin akan mempermudah pengguna. Cara kerjanya mungkin seperti yang bisa kita bayangkan. Ketika kita mengetik tanda sama dengan (“=”) maka Excel akan memberikan saran formula berdasar konteks data.

Yang tidak kalah menarik, Excel juga bisa memberi saran untuk pola rumus yang sudah kamu pakai untuk keseluruhan kolom. Saran ini, selain dari rumus Excel yang kamu pakai, juga mengambil data dari sel lain agar akurat.

Lalu, selain saran formula di atas, fitur baru lain yang juga tidak kalah menarik adalah saran link dari berkas lain di Excel. Hal ini akan memudahkanmu jika kamu mengambil data dari berkas lain di Excel.

Termasuk juga, jika nama file yang bersangkutan berubah. Excel akan memberi saran link ke file yang dianggap sesuai namanya. Dengan begitu, pencarian file tidak akan memakan waktu lama.

Selain fitur-fitur di atas, Microsoft juga menambahkan IMAGE function di Excel untuk web. Dengan fitur ini, kamu bisa memasukkan gambar hanya dengan link ke sumber gambar bersangkutan.

Menariknya, gambar ini bukan sekedar menempel saja. Tapi juga menjadi bagian dari lembar kerja. Jadi kamu bisa mengedit gambar itu sesuai kebutuhanmu. Misalnya, ketika kamu mengubah ukuran sel, memindah, atau menyortir sel yang ada gambarnya.

Baca Juga:  3 Cara Membuat PowerPoint yang Menarik dan Mudah untuk Pemula

Microsoft menyebutkan kalau fitur-fitur baru untuk Excel online ini mulai meluncur secara bertahap sejak tanggal 22 Desember 2022. Jadi kamu bisa membuka dan melihat apakah kamu termasuk yang sudah mendapatkan fitur itu atau tidak.

Aplikasi Excel untuk web alias online sendiri merupakan bagian dari layanan Microsoft 365, yang merupakan nama baru Office 365 dan Office online. Layanan ini tersedia baik gratis maupun berbayar.

Di era internet ini, memakai aplikasi online memang menjadi solusi tersendiri. Karena kamu tidak perlu melakukan instalasi aplikasi. Cukup buka browser dan kunjungi website bersangkutan. File yang tersimpan di sana, juga bisa kamu akses dari berbagai perangkat, kapan pun dan di manapun.

Penambahan fitur baru seperti saran formula ini jelas membuat Excel online lebih praktis dipakai. Jadi, buat kamu yang membutuhkan Excel untuk tugas sehari-hari, silakan coba.