Instagram Focus: Kenali Mode Kamera Ini

instagram focus
Anom Penulis

Instagram menambah koleksi fitur kameranya dengan mode yang bernama Focus. Apa saja yang perlu diketahui soal Instagram Focus ini? Yuk kita intip.

Focus merupakan fitur portrait mode kamera Instagram. Seperti yang kita ketahui bersama, portrait mode sedang menjadi tren saat ini. Terutama karena mode ini ada di iPhone X (selain — ahemtren “notch).

Portrait mode menghadirkan foto ruang tajam ekstra sempit di kamera handphone. Untuk kamu yang belum tahu maksudnya, ini berarti obyek foto terlihat tajam, sementara latar belakang terlihat kabur.

Pada umumnya, kamera handphone punya keterbatasan lensa. Mode ini memungkinkan foto seperti itu dari sisi pengolahan gambar digital.

[irp posts=”49488″ name=”Type Mode Dan Mengganti Font di Instagram Stories”]

Fitur Instagram Focus ini hadir di kamera Story. Bukan di kamera biasa (untuk timeline). Tepatnya ada di posisi sebelum fitur kamera Superzoom.

Ketika kamu memilih mode ini, kamera akan mengenali wajah. Begitu dapat, Instagram segera membuat latar belakang lebih blur untuk membentuk portrait mode. Seperti mode kamera Instagram Story lain, kamu bisa menekan tombol kamera untuk memotret atau menekan lama untuk merekam video.

fitur kamera instagram story focus

Setelah itu, kamu juga bisa menambah berbagai efek. Apakah menambah filter, stiker, atau teks ke foto tersebut. Selain mengirim ke Story, kamu juga bisa mengirim ke temanmu lewat Direct.

Sekilas, waktu saya coba, hasilnya cukup lumayan. Walau begitu, ada beberapa bagian yang ikut terlihat kabur. Misalnya rambut halus di sekeliling kepala. Mungkin tergantung kualitas kamera juga.

Instagram menyebutkan kalau fitur Focus ini bisa digunakan di iPhone SE, 6S, 6S+, 7, 7+, 8, 8+, dan X. Lucunya, untuk handphone Android, Instagram hanya menyebut “perangkat Android tertentu”. Hehehe, agak diskriminasi nih.

perangkat instagram focus

Selain itu, patut disebut kalau mode Focus ini hadir di aplikasi versi 39.0 baik untuk iOS di App Store, maupun untuk Android di Play Store.

Jadi silakan cek apakah ada update atau tidak. Lalu cek juga apakah fitur Instagram Focus ini muncul di handphone-mu atau tidak. Semoga saja muncul.

Cek Update Aplikasi (Android)

Cek Update Aplikasi (iOS)

    %d blogger menyukai ini: