Motorola Moto Z3 Play Tampil Lebih Kekinian

Motorola Moto Z3 Play

Setelah beredar bocoran di awal tahun dan beberapa waktu lalu, Motorola secara resmi mengumumkan Moto Z3 Play. Tampilannya memang seperti foto yang beredar, lalu apalagi yang menarik dari handphone baru Motorola ini?

Secara keseluruhan, tampilan Moto Z3 Play masih membawa desain yang serupa dengan pendahulunya. Tapi yang jelas, sekarang handphone ini punya penampilan yang lebih kekinian.

Walau tetap punya bingkai, tidak terlalu bezel-less, tapi ukurannya jauh lebih tipis dari pendahulunya, Moto Z2 Play.  Handphone ini memiliki ukuran layar 6 inci dengan kualitas full HD, menggunakan Super AMOLED dan Corning Gorilla Glass. Demi menghadirkan layar besar ini, Motorola memindah fingerprint scanner ke bagian samping.

Lalu untuk memaksimalkan operasional sehari-hari, Motorola juga tetap mempertahankan fitur One Button Nav. Ini menarik. Dulu, One Button Nav hadir di tombol Home yang sekaligus jadi fingerprint scanner. Pertanyaannya, apakah sekarang fungsi ini hadir secara virtual seperti gestur Android P?

Tampilan depan belakang Moto Z3 Play
Tampilan depan belakang Moto Z3 Play

Bagaimana dari sisi performa? Hm, seperti seri Play sebelumnya, Motorola tidak memilih chipset paling canggih. Moto Z3 Play hadir dengan chipset Snapdragon 636.

Lalu handphone ini juga mendapat pembaruan dari sisi kamera. Sekarang ia menggunakan kamera ganda di bagian belakang. Seperti tren masa kini, Motorola juga melengkapinya dengan teknologi AI. Termasuk di dalamnya adalah fitur Cinemagraph (gambar bergerak), creative touch (efek animasi), dan Google Lens.

Tentu saja, handphone ini juga hadir dengan berbagai Moto Mods yang bisa melengkapinya. Bagaimanapun, ini adalah kekhasan seri Z dari Motorola. Ada Moto Power Pack, stereo speaker, proyektor, dan mencetak foto Polaroid.

Spesifikasi Moto Z3 Play
OS Android 8.1 Oreo
Layar
  • 6 inci Super AMOLED
  • FHD+ 2160×1080, 18:9
  • Corning Gorilla Glass 3
Chipset
  • Qualcomm Snapdragon 636
  • Octa-core Kryo 260, 1.8GHz GHz 14nm process
  • Adreno 509
RAM 4GB
Penyimpanan 32GB / 64GB + microSD (sampai 2TB)
Baterai 3000mAh + TurboPower Charge (daya untuk 8 jam dalam 15 menit)
Kamera Belakang
  • Ganda: 12 MP (f/1.7, 1.4µm, DP PDAF) + 5 MP, dual pixel phase detection autofocus, dual-LED dual-tone flash
  • Video: 2160p@30fps, 1080p@30/60fps
Kamera Depan 8 MP (f/2.0, 1.12µm), 1080p
Konektivitas Wi-Fi, Bluetooth 5.0, NFC, GPS, USB 3.1 Type-C
Sensor Fingerprint (di samping), accelerometer, gyro, proximity, compass
Bodi
  • Depan/belakang kaca, bingkai aluminium
  • Coating tahan cipratan air
  • Warna: Deep Indigo

Moto Z3 Play sudah tersedia di Brazil dan akan beredar secara global bulan ini. Harga di Brazil mulai dari R$2,299, dan di Amerika (bundling Moto Mods Power Pack) seharga $499.

Walau desain dan spesifikasi Moto Z3 Play cukup menggoda, Motorola harus waspada dengan handphone kelas menengah lain. Misalnya ASUS Zenfone Max Pro M1 yang punya spesifikasi mirip, namun dengan harga sangat terjangkau.