MWC 2020 Batal Diselenggarakan Akibat Coronavirus

Acara industri smartphone terbesar MWC 2020 akhirnya secara resmi batal diselenggarakan. Pembatalan ini merupakan akibat dari ketakutan atas wabah coronavirus, yang menyebabkan banyak perusahaan mengurungkan kehadirannya.

Seiring semakin dekatnya acara diselenggarakan, satu demi satu perusahaan teknologi mengumumkan membatalkan presentasi mereka di MWC 2020. Beberapa di antara perusahaan itu meliputi LG, Sony, Vivo, HMD Global, Intel, bahkan NVIDIA yang menjadi salah satu sponsor dan rekan GSMA.

GSMA sebagai penyelenggara mengumumkan kalau MWC 2020 batal diselenggarakan dalam sebuah pernyataan resmi. GSMA menyebutkan pertimbangan keamanan dan kesehatan lingkungan di kota dan negara tuan rumah, yaitu Barcelona, Spanyol. Wabah coronavirus beserta pembatasan ruang lingkup perjalanan dan hal lainnya membuat acara ini sulit diwujudkan.

GSMA juga menyatakan simpatinya pada mereka yang menjadi korban coronavirus di Cina dan di seluruh dunia. Mereka akan tetap menyelenggarakan MWC di tahun-tahun berikutnya.

Wabah coronavirus memang sudah menjadi keprihatinan global. WHO juga sudah menyatakan kondisi darurat bagi keamanan dan kesehatan masyarakan dunia. Informasi dan panduan keamanan ini bahkan akan langsung muncul di halaman pencarian Google bila ada yang mencarinya.

Wabah ini pun memukul industri teknologi cukup telak. Selain MWC 2020 yang batal, produksi perangkat teknologi juga terancam surut. Karena sebagian besar pabrik dan manufaktur terletak di Cina. Beberapa perusahaan, seperti Apple, bahkan sudah menutup toko mereka di Cina.

Walau pembatalan acara MWC 2020 ini bisa dipahami mengingat pertimbangan keamanan dan kesehatan, namun hal ini menjadi salah satu bukti imbas coronavirus sebagai fenomena global. Semoga wabah ini bisa segera ditangani dan semua aktivitas bisa berjalan normal kembali.

%d blogger menyukai ini: