NASA & Nokia Bikin Jaringan 4G Agar Astronot Bakal Bisa Online di Bulan

NASA dan Nokia resmi mengumumkan rencana mereka untuk membangun 4G di bulan. Jadi ke depan, Astronot akan bisa online dari bulan.

Jaringan internet bukan hal baru lagi bagi manusia. Berbeda dengan 10 tahun yang lalu, kini jaringan internet telah melebar ke penjuru dunia. Yah, walau pun masih ada sebagian daerah di Bumi yang belum terjamah internet.

Meski begitu, untuk mendapatkan akses internet di Bumi lumayan mudah. Dari pada di Bulan, di mana sama sekali belum ada jaringan internet yang bisa diakses.

Tapi kabar baiknya, NASA bekerja sama dengan Nokia akan meluncurkan jaringan 4G di Bulan. Jadi nantinya, astronot akan bisa online seperti kita walau sedang ada di Bulan.

Sumber Gambar : Fast Company

NASA dan Nokia Bangun 4G di Bulan

Dikutip dari Fast Company, mega proyek ini akan diluncurkan pada tahun 2022. Dalam proyek ini, Nokia akan dibayar $141,1 juta untuk menyuplai infrastruktur komunikasi di Bulan seperti alat untuk panggilan suara dan video, transmisi data, kontrol robotik, dan navigasi real-time (semacam GPS untuk astronot).

Sementara itu, bagian R&D perusahaan, Bell Labs, bekerja sama dengan perusahaan teknik luar angkasa Intuitive Machines untuk menerapkan sistem tersebut ke bulan.

Nokia sendiri mengatakan, sistem ini akan dirancang untuk menahan guncangan lepas landas, pendaratan serta kondisi luar angkasa yang keras.

Jaringan komunikasi yang andal, tangguh dan berkapasitas tinggi akan menjadi kunci untuk mendukung keberadaan manusia yang berkelanjutan di Bulan,” kata CTO Nokia dan Presiden Bell Labs Marcus Weldon.

Wah itu artinya jika proyek ini jadi dan berhasil, astronot bakal bisa melakukan aktivitas online seperti saat ada di bumi. Mereka bisa telepon, streaming video, dll. Hm, jadi bisa istirahat sejenak dari penatnya aktivitas penelitian deh. Hehehe.

Sementara itu, pembagunan jaringan ini adalah bagian dari program kemitraan publik-swasta NASA Tipping Point. Jadi dalam program ini, NASA memberikan lebih dari $370 juta kepada perusahaan yang sedang membangun teknologi di bulan.

Penerima dana bukan cuma Nokia saja. Ada perusahaan lain seperti Pittsburgh Astrobotic Technology yang mendapat $5,8 juta, untuk membangun cara mengisi daya elektronik nirkabel dengan cepat di Bulan.

Rangkaian penggelontoran dana ini dipakai untuk proyek NASA Artemis. Dalam proyek ini, NASA berencana mengisim astronot kembali ke bulan pada tahun 2024. Lalu mengirim lebih banyak manusia pada tahun 2028.

banner cybersport
%d blogger menyukai ini: