Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

NFT “Source Code for the WWW” Dari Sir Tim Berners-Lee Laku $5,4 Juta

Anom Penulis

Luar biasa. Kode sumber untuk browser internet awal buatan Sir Tim Berners-Lee laku $5,4 juta sebagai NFT bertajuk “Source Code for the WWW.”

Sir Tim Berners-Lee dikenal sebagai “penemu World Wibe Web” alias internet. Ia mengajukan proposal untuk sistem manajemen informasi ini pertama kali pada tahun 1989. Pengakuan dunia bahwa ia adalah penemu internet terjadi pada Olimpiade tahun 2012 di London.

Beliau juga mengembangkan web browser dan server pertama kali. Kode sumber dari web browser inilah yang dijual dalam NFT.

Lelang NFT itu berlangsung di Sotheby’s. NFT “Source Code for the WWW” itu meliputi file kode sumber, visualisasi dalam bentuk video berdurasi 30 menit 25 detik, file vector SVG, dan surat dalam bentuk README.md dari Sir Tim Berners-Lee.

source code www

Angka yang tertera saat penutupan lelang di Sotheby’s itu menunjukkan nilai 5,434,500 USD. Transaksi, tentu saja, akan dilakukan dengan cryptocurrency.

Sekedar perbandingan, transaksi NFT paling mahal saat ini adalah untuk “Everydays: The First 5000 Days” karya seniman digital Beeple. Beeple sendiri kemudian membuat platform lelang NFT Wenew, yang akan melelang NFT momen bersejarah dunia.

Sotheby’s menyebutkan kalau “NFT ini bersifat historis dan tunggal, tapi, kode itu sendiri beserta pemakaian, pengetahuan, kekuatan, dan potensinya tetap terbuka dan tersedia bagi kita semua untuk terus berinovasi, mencipta, dan memulai transformasi teknologi berikutnya berdasar apa yang kita lihat sekarang dan belum bisa kita bayangkan (hasilnya)”.