Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Beeple Buat Bursa NFT “Wenew” untuk Momen Bersejarah

Anom Penulis

Ada berita menarik dari dunia NFT. Seniman Digital Beeple membuat sebuah platform atau bursa NFT yang melelang berbagai momen bersejarah.

Beeple, yang memiliki nama asli Mike Winkelmann, menjadi salah satu sosok yang disorot seiring populernya NFT. Karyanya Everydays: The First 5000 Days menjadi NFT termahal dengan nilai transaksi $69 juta pada Maret 2021.

NFT atau Non Fungible Token itu sendiri merupakan aset digital yang identitas, kepemilikan, dan transaksinya diverifikasi melalui rantai blok (blockchain / buku besar digital). Transaksi NFT dilakukan melalui pasar lelang dan menggunakan mata uang kripto.

Platform yang didirikan oleh Beeple itu bernama Wenew. Bursa ini akan melelang berbagai momen bersejarah sebagai NFT. Lelang momen bersejarah pertamanya adalah pertandingan tenis Andy Murray hasil kerja sama dengan Wimbledon pada 2 – 5 Juli 2021.

Selain Wimbledon, Wenew juga sudah mendapat rekanan perusahaan-perusahaan besar. Sebut saja TIME, Endeavor, IMG, Universal Music Group, Warner Music Group, dan Open Earth Foundation.

artefak fisik NFT bursa wenew dari beeple

Salah satu hal paling menarik dari Wenew ini adalah pembeli bisa mendapat artefak fisik dari NFT yang mereka beli. Yah, tergantung nilai transaksinya. Artefak fisik ini hadir dalam bentuk layar HD yang dibungkus kaca. Jadi nampak keren kalau dipajang di rumah atau kantor.

Karena NFT bergerak di dunia digital, mungkin “rasa kepemilikannya” berbeda dengan ketika kita membeli karya seni, seperti lukisan, yang bisa kita pamerkan. Kelihatannya untuk itulah Wenew memberikan artefak fisik ini.

Bayangkan. Dari karya seni fisik konvensional, kita bergerak ke sisi digital dengan NFT. Namun Wenew membawanya kembali ke dunia fisik dengan artefak ini. Sebuah lingkaran penuh!

Yang jelas, NFT membuka lahan baru. Lihat saja. Sudah banyak meme menjadi NFT. Lalu produk mainan seperti Hot Wheels pun menjual NFT koleksi populernya. Apalagi setelah ini?