Nokia 9 PureView Berambisi Jadi Jawara Kamera Ponsel

nokia 9 pureview

Nokia 9 PureView akhirnya resmi hadir setelah menjadi rumor sekian lama. Dengan kembali menyandang nama PureView ditambah 5 buah kamera belakang, Nokia (HMD Global) menunjukkan ambisinya untuk kembali duduk di puncak jajaran ponsel dengan kamera terbaik.

Niat itu sudah mulai tercium sejak munculnya penampakan ponsel ini. Dugaan semakin jelas ketika Konsta Punkka, seorang fotografer profesional, mengunggah foto yang ia sebut sebagai hasil dari ponsel Nokia.

Begitulah, akhirnya di acara MWC 2019, HMD Global mengumumkan ponsel ini.

Penampilan Nokia 9 PureView

Sejak kebangkitannya kembali, Nokia lebih terkenal sebagai ponsel Android yang terjangkau. Mereka populer di kelas menengah dengan ponsel seperti Nokia 7.1 Plus. Harga ±$699 kelihatannya memposisikan ponsel ini sebagai ponsel flagship terjangkau. Bukan kelas premium.

Memang, tampilan ponsel ini cukup terlihat biasa. Nokia 9 PureView tidak ikut gegap gempita tren kamera di layar seperti Samsung Galaxy S10. Bahkan tidak pula dengan takik (notch). Tampilan depannya malah cukup mirip dengan ASUS Zenfone Max Pro M1.

nokia 9 pureview

Tentu saja, daya tarik utama ada di bagian belakang. Di sana terlihat 7 lingkaran yang terdiri dari 5 kamera, lampu kilat LED, dan sensor warna. Tidak terlihat sensor sidik jari di belakang, karena ponsel ini menggunakan sensor sidik jari di layar.

Secara keseluruhan, penampilan Nokia 9 PureView tidak buruk. Namun — dengan pengecualian kamera yang banyak — juga tidak istimewa.

Spesifikasi Nokia 9 PureView

Dari sisi prosesor, sedikit mengecewakan. Ponsel ini masih menggunakan Qualcomm Snapdragon 845. Bukan generasi terbaru (Snapdragon 855). Di sisi lain, melihat harganya, jadi cukup masuk akal.

Selain itu, ponsel ini memiliki RAM 6GB dan penyimpanan 128GB. Baterainya juga kurang istimewa, hanya 3320 mAh. Namun mendukung Qi wireless charging.

Oya, Nokia 9 PureView punya layar sebesar 5,99 inci QHD+ pOLED dengan Corning Gorilla Glass 5. Ponsel ini memiliki sertifikasi IP67 untuk tahan air dan debu. Selain itu, ponsel ini juga dilengkapi 3 mikrofon dengan spatial recording.

nokia 9 pureview

Nah, kamera Nokia 9 PureView yang ada banyak itu terbagi menjadi 2 kamera RGB dan 3 kamera monokrom. Semuanya memiliki kualitas 12MP (f/1.82). Banyaknya kamera itu berguna untuk menangkap rentang cahaya yang lebih banyak. Sehingga menyajikan kontrol depth of field lebih bagus dan efek bokeh lebih akurat.

Ambisi Nokia (HMD Global) tidak hanya berhenti di perangkat keras saja. Mereka juga bekerja sama dengan Adobe untuk aplikasi Adobe Lightroom di dalam ponsel. Di sana kamu bisa mengolah foto RAW DNG dengan lebih maksimal.

Terus terang, saat ini sudah berbeda dengan masa jaya Nokia dahulu, Sekarang sudah banyak ponsel dengan kamera luar biasa. Samsung Galaxy S10, Google Pixel 3, Huawei Mate 20 Pro, sampai Xiaomi Mi 9 sudah membuktikan kualitas masing-masing.

Nokia 9 PureView mungkin tidak akan jadi yang terbaik. Toh, ponsel ini juga baru ponsel pertama Nokia yang kembali fokus pada fotografi. Kita lihat saja perkembangannya lebih jauh. Sementara itu, silakan kunjungi situs resmi Nokia untuk informasi lebih detil.

%d blogger menyukai ini: