Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner

OPPO Bersiap Kembangkan Chipset Smartphone Sendiri

oppo
Anom Penulis

Kabar menarik hadir dari salah satu perusahaan smartphone raksasa asal Cina. OPPO saat ini dikabarkan sedang bersiap mengembangkan chipset sendiri untuk smartphone mereka.

Rencana untuk membuat chipset sendiri ini kelihatannya menjadi sebuah tren menarik. Sebelum ini, Google juga disebut sedang mengembangkan chipset sendiri untuk lini Pixel dan Chromebook. Lalu dari ranah laptop, Apple juga disebut sedang mempersiapkan chipset untuk lini Macbook.

popculture.id

Memang, saat ini sudah ada beberapa perusahaan smartphone yang memiliki chipset hasil kembangan sendiri. Yang pertama tentu saja Apple. Kemudian ada Samsung dengan Exynos dan Huawei dengan Kirin.

Efek Huawei vs Amerika

Huawei, seperti kita ketahui, masih dirundung masalah sehubungan dengan blacklist pemerintah Amerika. Masalah ini sudah sampai pada chipset. Huawei kini tersendat dalam mengembangkan chipset Hisilicon Kirin karena ada komponen yang memakai produk barat.

Hal ini kelihatannya memicu rencana OPPO untuk mengembangkan chipset mereka sendiri. Tentunya untuk mencegah kalau-kalau masalah Huawei melebar. Bagaimanapun, OPPO adalah perusahaan asal Cina.

Jadi kelihatannya usaha ini memang ditujukan agar OPPO bisa lebih mandiri dan mengurangi pemakaian produk Amerika. Sampai saat ini, OPPO sebagian besar masih bersandar pada penggunaan chipset dari Qualcomm.

OPPO Mencari Tenaga Ahli

Menurut laporan dari Nikkei Asian Review, OPPO mencari tenaga ahli untuk mengembangkan chipset. Mereka merekrut tenaga ahli dari produsen chipset MediaTek. Salah satu yang berhasil direkrut oleh OPPO adalah Jeffery Ju, mantan pimpinan operasi MediaTek.

Di samping itu, OPPO juga merekrut tenaga ahli dari Unisoc (pengembang chip asal Cina). Bahkan, disebutkan juga kalau OPPO berusaha menjangkau tenaga ahli dari Qualcomm dan dari Hisilicon milik Huawei.

Sumber berita ini menyebutkan kalau OPPO sudah secara agresif mencari tenaga ahli sejak tahun lalu. Mereka sadar kalau punya kemampuan merancang chipset sendiri akan memberi kontrol yang lebih baik untuk lini produksi. Namun hal ini tentu membutuhkan modal banyak dan waktu yang lama sampai benar-benar siap.

OPPO sendiri memberi pernyataan pada Nikkei kalau mereka “sudah punya kemampuan” dan ” setiap investasi riset dan pengembangan akan memperkuat sisi kompetitif produk dan pengalaman penggunaan.”

Yah, sekali lagi, pengembangan chipset memang bukan perkara mudah dan butuh waktu panjang. Kira-kira apakah OPPO berhasil mengembangkan chipset mereka sendiri? Kalau iya, pasti seru ya membandingkan kemampuannya dengan yang lain.

    %d blogger menyukai ini: