Diskon VPN terbaik: Klik di sini

Oppo Memperkenalkan Optical Zoom 10X Untuk Kamera Ponsel

oppo optical zoom

Menjelang acara MWC 2019, Oppo mengumumkan beberapa inovasi terbarunya. Salah satunya adalah teknologi kamera ponsel dengan optical zoom 10x yang sebelumnya sudah menjadi rumor.

Kamera ponsel selalu memiliki keterbatasan dalam melakukan zoom secara optik. Hal ini disebabkan karena tidak banyak ruang untuk meletakkan lensa. Jelas berbeda dengan kamera biasa.

Salah satu proses zoom lain yang ditawarkan adalah digital zoom. Tapi hal ini pun bukan solusi tepat. Karena kualitas gambar biasanya turun.

Oppo berhasil mengakali bidang sempit di dalam bodi ponsel dengan menggunakan teknik periskop. Konstruksi lensa disusun seperti periskop di kapal selam dengan menggunakan prisma. Selain itu ditambah juga dengan apa yang mereka sebut lensa D-cut.

konstruksi optical zoom oppo
Foto: Oppo

Konstruksi periskop ini memungkinkan Oppo menyusun modul 3 kamera hanya dengan lebar 6,76mm saja. Selain itu, Oppo juga membuat lensa prisma telephoto-nya dilengkapi dengan optical image stabilization (OIS). Teknologi OIS itu disebut punya tingkat presisi sampai 0,001445ΒΊ.

Secara keseluruhan, Oppo dengan cerdik memadukan 3 modul kamera itu. Yang pertama adalah kamera utama, yang kedua adalah kamera dengan lensa ultra-wide, dan yang ketiga adalah lensa telephoto. Kombinasi ketiga lensa ini disebut memiliki kualitas full frame setara dengan lensa 16mm-160mm.

hasil optical zoom 10x oppo
Foto: Oppo

Hasil foto yang terlihat (dari contoh) memang memang menarik dan lebih dari apa yang ada selama ini. Biasanya, untuk melakukan hal serupa, kita memotret secara full frame lalu melakukan crop di bagian yang diinginkan. Teknik dari Oppo ini jelas memberi perspektif lain.

Sayangnya Oppo baru menunjukkan fungsi fotografi saja. Belum ada informasi atau demo (sejauh kami ketahui) untuk video. Yah, tapi kalau optical zoom 10X dari Oppo ini benar-benar hadir di ponsel komersial, tentunya cukup menggoda.

Sebenarnya Oppo sudah menunjukkan teknologi ini pada acara MWC dua tahun lalu. Namun saat itu, yang mereka tunjukkan adalah teknologi zoom optik 5 kali. Lalu saat itu belum ada pemberitahuan apakah akan segera gunakan di ponsel komersial atau tidak.

Sekarang, teknologi itu sudah meningkat menjadi optical zoom 10X. Oppo juga menyebutkan kalau ponsel yang menggunakan sistem kamera ini akan hadir pada kuartal kedua tahun 2019. Ya, revolusi ponsel kembali menarik tahun ini.

More Stories
peringatan app from an unidentified developer
Membuka Aplikasi Mac dari Pengembang Tak Dikenal