Chrome Bakal Izinkan Panggilan Video “Picture in Picture”

Google berencana tambahkan kontrol video call ke fitur “picture in picture” Chrome. Membuatmu bisa beraktivitas lain tanpa meninggalkan panggilan video.

Fitur picture in picture di Chrome adalah hal yang luar biasa. Fitur ini membuat hidup lebih mudah, apalagi saat streaming video sambil kerja. Namun kini jendela picture in picture cenderung dipakai untuk nonton video di latar belakang saat pengguna melanjutkan kegiatan lain.

Tetapi gosipnya, Google bakal sedikit ‘merombak’ fitur ini di pembaruan Chrome yang akan datang. Melihat banyak orang masih harus WFH karena pandemi, Google berencana untuk menambahkan kontrol video call ke fitur picture in picture di Chrome.

 “Picture in Picture” Bakal Dukung Kontrol Video Call

Jujur, kontrol picture in picture di Chrome saat ini masih terbatas. Saat kamu mengeluarkan video YouTube ke dalam jendela picture in picture (misalnya), kamu cuma punya tiga opsi: Yakni menjeda video, menutup jendela, atau pindah dari mode picture in picture ke tab YouTube di Chrome.

Sumber Gambar : Techdows

Namun dilansir dari Techradar, ada sebuah dokumen yang terpampang di situs Techtsp.com. Dokumen itu mengatakan kalau Google bakal memakai API MediaSession untuk menghadirkan fungsi baru ke obrolan video/konferensi video.

Beberapa fungsi kontrol video baru yang bakal dihadirkan antara lain adalah tombol untuk mematikan video, mengaktifkan dan menonaktifkan webcam, dan memutuskan panggilan. Semua tambahan ini bakal membuat panggilan konferensi akan lebih mudah dikelola.

Kami ingin membuat picture in picture (PIP) lebih berguna pada platform konferensi video. Yakni dengan memungkinkan pengguna untuk membisukan/menyuarakan mikrofon mereka, mengaktifkan/menonaktifkan kamera, atau menutup panggilan dari jendela PIP,” kata teknisi Google Tommy Steimel.

Untuk mencapai ini, kami akan menambahkan tindakan baru ke MediaSession API, serta membiarkan situs web mendeklarasikan penanganan untuk tindakan tersebut,” lanjutnya.

Jujur sampai sekarang masih belum jelas, kapan Chrome bakal mendapatkan fungsi baru ini. Apalagi sepertinya saat ini ide tersebut masih dalam tahap awal.

Tapi jangan khawatir, jika ada informasi terbaru tentang fitur ini, kami akan menginformasikan kepadamu.

%d blogger menyukai ini: