Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Aplikasi Password Manager LastPass Disusupi. Perlukah Kuatir?

Anom Penulis

LastPass memberi konfirmasi kalau aplikasi mereka disusupi pihak tidak dikenal. Kabar ini tentu akan membuat para penggunanya kuatir. Bagaimanapun LastPass adalah layanan untuk menyimpan dan mengelola password, sebuah informasi paling vital di era digital.

Dua minggu lalu, LastPass mengetahui kalau ada aktivitas tidak wajar di wilayah pengembangan aplikasi mereka. Berdasar penyelidikan lebih lanjut, mereka menemukan bahwa ada akun pengembang yang bobol.

popculture.id

Akun tidak terotorisasi itu kemudian mendapat akses ke sebagian data pengembangan. Akun itu pun mengambil sebagian kode sumber (sorce code) juga beberapa data teknis aplikasi LastPass.

LastPass segera mengambil langkah pengamanan. Termasuk menutup dan mengurangi akses, juga melakukan pemeriksaan forensik digital.

Dalam penyelidikan mereka, LastPass juga memberi konfirmasi bahwa tidak ada data Master Password pengguna yang dicuri atau bobol. Pusat penyimpanan (Vault) dan data pribadi pengguna juga tidak ada yang bocor.

Jadi LastPass meyakinkan bahwa pengguna tidak perlu panik. Jadi kamu yang menggunakan aplikasi ini tidak perlu sibuk mengganti semua password yang ada di daftarmu.

Aplikasi password manager sering dipakai walau beberapa layanan umum — seperti Apple, Google, dan Microsoft — sudah memiliki infrastruktur sendiri. Aplikasi ini sering dipakai oleh mereka yang menggunakan perangkat dari beberapa platform (misalnya iPhone dan laptop Windows).

LastPass sendiri sering disebut sebagai salah satu aplikasi password manager terbaik. Sebagai layanan premium (mereka membatasi akun gratis), mereka menjadi kepercayaan banyak orang.

Namun di sisi lain, kepopuleran mereka menjadi pisau bermata dua. LastPass sering menjadi target serangan hacker dan memiliki masalah keamanan. Bahkan halaman mereka di Wikipedia memiliki bagian khusus soal masalah keamanan ini.

Toh berhubungan dengan kasus kali ini, pengguna LastPass kelihatannya memang tidak perlu kuatir. Karena sejauh ini memang tidak ada password dan data pengguna yang bocor.

Walau begitu, tidak ada salahnya kamu selalu rajin mengganti password secara rutin. Aplikasi password manager bisa membantumu membuat dan menyimpan password yang kuat.

    %d blogger menyukai ini: