Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Paten Apple Bisa Bikin Kita Mengontrol iPhone/Apple Watch dengan Tiupan

Indri Penulis

Apple resmi ajukan paten baru. Paten terbaru ini memungkinkan kita mengontrol iPhone atau Apple Watch cukup dengan tiupan saja.

Di Amerika Serikat, dulu sekitar tahun 1968 ada salah satu variety show terkenal bernama “Rowan & Martin’s Laugh-In.Nah di variety show itu, salah satu anggota pemeran Lilly Tomlin pernah menciptakan slogan ikonik yang bunyinya, “Tiup di telingaku dan aku akan mengikutimu ke mana pun.”

Sepertinya slogan itu terus membekas di benak Apple sampai sekarang, dan mereka akan segera mewujudkannya di dunia nyata, tepatnya di produk iPhone dan Apple Watch.

Sebab baru-baru ini Apple dikabarkan telah mengajukan paten terbaru. Dalam paten ini, kita nanti bisa mengontrol iPhone atau Apple Watch hanya dengan tiupan. Gimana ceritanya?

Mengontrol iPhone & Apple Watch dengan Tiupan

Dikutip dari Phone Arena, paten ini mereka namakan dengan “Deteksi tiupan dan peralihan mode dengan perangkat elektronik.”

Paten tersebut diajukan ke US Patent and Trademark Office (USTPO) dan dalam dokumentasinya, Apple menceritakan bagaimana konsep ‘blow detection assembly’ yang akan mereka pakai untuk mendeteksi saat pengguna meniup iPhone atau Apple Watch-nya.

Sumber : Phone Arena

Konsep ini akan mendeteksi perubahan tekanan di atas ambang batas tertentu. Pada saat yang sama, motion detector akan mencari gerakan yang dibuat oleh iPhone atau Apple Watch di bawah ambang batas tertentu, sehingga tidak ada respon terhadap ‘false blow event’ (tiupan palsu).

Pertanyaan penting, apa sih manfaat yang dihasilkan oleh paten ini? Jadi hasil akhirnya, kamu nanti bisa meniup iPhone atau Apple Watch untuk melakukan beberapa aktivitas seperti menjawab panggilan telepon, menghidupkan, sampai menavigasikan iPhone atau Apple Watch.

Baca Juga:  Apple Event Untuk iPhone 14 Akan Berlangsung 7 September 2022

Lalu apakah perangkat bisa membedakan mana tiupan yang berasal dari pengguna, dan mana tiupan yang berasal dari angin biasa?

Bisa. Apple mengatakan agar perangkat dapat membedakan jenis tiupan, perangkat harus didekatkan ke mulut pengguna ‘dalam jarak tertentu.’

Sementara untuk membedakan jenis perintah (misalnya antara perintah menjawab panggilan dan menghidupan perangkat), pengguna bisa mengeluarkan tiupan dengan jumlah tertentu.

Sumber : Phone Arena

Apple sendiri ternyata punya alasan yang cukup masuk akal untuk mematenkan konsep ini. Dalam patennya, mereka menjelaskan:

Perangkat elektronik portabel sering kali membutuhkan satu tangan untuk memegang atau menggunakannya. Sedangkan tangan satunya dibutuhkan untuk memberikan perintah ke perangkat tersebut.”

Tapi ketika pengguna tidak bisa secara berinteraksi secara fisik dengan perangkat tersebut untuk memberikan perintah, pengalaman pengguna yang disediakan oleh perangkat akan berkurang secara signifikan,” lanjut Apple.

Yah kalau mempertimbangkan soal mahalnya harga iPhone dan Apple Watch, siapa sih yang mau pengalaman penggunaan perangkat berkurang, hanya karena kita nggak bisa menyentuh ponsel atau smartwatch dengan tangan penuh (misalnya pas tangan kotor).

Bayangkan saja, kamu cukup meniup perangkat Apple untuk menjawab panggilan masuk, atau kamu juga bisa membangunkan perangkat hanya dengan udara yang keluar dari mulutmu. Pasti bakal lebih seru deh!

Namun jika kamu tanya kapan konsep ini bakal debut, sampai sekarang belum ada informasi soal hal itu. Jadi belum ada yang tahu, apakah konsep ini sudah bisa dinikmati di Apple Watch Series 7 dan iPhone 13 Series yang akan datang, atau kita masih harus menunggu beberapa tahun lagi.

Tapi mau kapan pun konsep ini debut, Apple patut ‘memperjuangkannya’ sampai final. Pasalnya konsep ini benar-benar unik dan pasti bakal disukai banyak orang. Gimana, kamu setuju nggak?