Apple Patenkan Cara Pakai Apple Pencil Baru, Ujungnya Bisa Dilepas

Apple telah patenkan cara penggunaan Apple Pencil yang baru. Paten ini memungkinkan ujung Apple Pencil bisa dilepas pasang sesuka hati.

Dilansir dari Phone Arena, paten Apple kali ini berjudul “Multipurpose stylus with exchangeable modules.” Paten ini mengarah pada kedua ujung Apple Pencil yang nantinya bisa dilepas dan ditukar.

Sebenarnya ada beberapa alasan kenapa pengguna ingin mengganti ujung stylus. Pertama, ujung stylus mungkin sudah rusak dan perlu diganti. Kedua, pengguna ingin mengubah fungsionalitas aksesori.

Mekanisme Apple Pencil yang Baru

Apple mengatakan bahwa stylus akan hadir dengan komponen yang dapat dilepas. Setiap komponen yang bisa dilepas menyediakan fitur yang berbeda.

Sumber Gambar : Phone Arena

Ujung Apple Pencil (disebut ‘end connector’ di patennya) bisa dilepas dari badan utama. Bagian ini juga dibekali sejumlah sensor.

Ada sensor taktil untuk mendeteksi ujung pena saat menyentuh permukaan. Terdapat pula sensor kontak, sensor kapasitif, sensor sentuh, kamera, sensor piezoelektrik, dan sensor tekanan atau fotodioda.

Sementara itu, stylus baru ini juga akan memiliki fitur orientation detector, giroskop, akselerometer, pembaca biometric, layar, sakelar, tombol, speaker, kompas, mikrofon, kamera, dan voice coil.

Selain cara pakai and fitur yang ada di stylus baru, paten Apple juga mencantumkan warna, bentuk, ketebalan, ukuran, dan kecerahan.

Untuk saat ini, perusahaan menawarkan dua jenis Apple Pencil yang kompatibel dengan iPad tertentu. Keduanya masih berbentuk stylus konvensional. Berbeda dengan produk terbaru yang ujungnya bisa dilepas.

Menawarkan stylus yang ujungnya bisa dilepas pasang juga bakal mendatangkan keuntungan untuk Apple. Sedangkan untuk pengguna, mereka bisa memperluas fungsionalitas aksesori.

Pertanyaannya, apakah calon stylus terbaru ini akan melebarkan dukungannya ke iPhone. Mengingat baru-baru ini ada gosip yang mengatakan jika iPhone lipat akan mendukung stylus.

Jika benar, itu artinya Apple akan mengikuti jejak Samsung. Kalian tahu sendiri, Samsung lewat produknya Galaxy S21 Ultra telah mendukung pemakaian stylus. Padahal selama ini yang mendukung stylus hanya lini Samsung Galaxy Note.

Di sisi lain, hanya karena Apple telah mematenkan teknologi ini, bukan berarti paten ini akan digunakan. Jadi kita masih perlu menunggu informasi resmi dari Apple ya.

%d blogger menyukai ini: