Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

7 Paten Facebook Yang Bisa Meresahkan Pengguna

kasus facebook
Anom Penulis

Facebook adalah sebuah perusahaan media sosial yang luar biasa. Namun tidak sedikit yang merasa tidak nyaman dengan kehadirannya. Ada beberapa paten Facebook yang menunjukkan bagaimana ia melacak hampir semua aspek kehidupan penggunanya.

Kewaspadaan pengguna media sosial akan Facebook meningkat setelah gegernya kasus Cambridge Analytica (yang berpengaruh pada pemilu Amerika). Belum lagi masalah berita hoax yang kerap muncul di lini kabar berita. Ditambah lagi adanya pro dan kontra penjualan senjata di Facebook Marketplace.

popculture.id

Tentu saja yang paling membuat tidak nyaman adalah kemampuan aplikasi ini melacak kegiatan sehari-hari. The New York Times merilis artikel menarik soal paten Facebook yang berhubungan dengan kemampuan tracking aplikasi.

Harap diperhatikan kalau paten belum tentu menunjukkan sesuatu yang sudah dibuat atau dilaksanakan. Facebook sendiri menyebutkan kalau paten tersebut bukanlah ukuran untuk menentukan perkembangan aplikasi Facebook. Tapi mari kita pertimbangkan hal ini baik-baik.

[irp posts=”51845″ name=”Jan Koum, Pendiri WhatsApp, Keluar dari Facebook”]

Membaca Hubungan Personal

Kita tahu di profil Facebook kita bisa mengatur informasi hubungan personal. Entah itu pacaran, istri/suami, ayah, ibu, anak, saudara, dll. Tapi ternyata tidak itu saja. Salah satu paten yang dimiliki Facebook (U.S Patent Application no. 14/295.543) menyebutkan kalau aplikasi bisa memprediksi hubungan romantis pengguna dari berapa banyak ia melihat halaman profil seseorang, jumlah orang di gambar profil, dan persentase teman dengan jenis kelamin berbeda.

Menggolongkan Kepribadian

Yang satu ini mungkin mudah diduga. Ada paten Facebook (U.S Patent no. 9.740.752) yang menyebutkan penggunaan kiriman (status, foto/video. tautan situs web, dll) untuk menggolongkan kepribadian. Jadi, tidak hanya informasi usia, lokasi, dll (yang kita taruh di profil). Tapi juga kecenderungan emosional. Kemampuan ini akan menentukan berita atau iklan apa yang nanti muncul di lini masa.

Prediksi Masa Depan

Yah, memang bukan seperti ramalan nasib. Tapi paten ini (U.S Patent Application no. 12/839.350) menggambarkan bagaimana aplikasi menggunakan kiriman dan pesan (juga lokasi) di Facebook untuk memprediksi perubahan di masa mendatang. Misalnya kelahiran (anak atau saudara), lulus sekolah, dll. Yang paling praktis tentu saja kalau ada promo tertentu yang akan datang (flash sale mungkin?).

Identifikasi Kamera

Hal yang satu ini cukup ramai dibicarakan di internet. Paten ini (U.S Patent no. 8.472.662) bisa menganalisa foto dari handphone dengan mengidentifikasi “keunikan” dari kamera handphone (misalnya ada goresan di lensa kamera handphone).

“Keunikan” ini kemudian dipakai untuk memastikan bahwa foto atau video itu berasal dari handphone-mu. Lalu Facebook akan menganalisa siapa saja yang ada di foto yang kamu unggah. Selain untuk memberikan saran siapa saja yang ada di dalam foto, aplikasi juga akan memprediksi hubungan antara kamu dan orang tersebut.

Mendengarkan Lingkungan

Hal ini juga sering menjadi pembicaraan di internet. Paten ini (U.S Patent Aplication no. 14/985.089) menyebutkan aplikasi bisa mengeksplorasi lingkungan sekitar (misalnya acara TV yang kamu tonton) dengan menggunakan mikrofon handphone.

Melacak Kegiatan Rutin

Salah satu paten Facebook lain adalah melacak kegiatan rutin mingguan dan memberi pemberitahuan pengguna lain berdasar rutinitas tersebut (U.S. Patent Application no. 15/203.063). Tambahan lain, aplikasi akan menggunakan fitur lokasi handphone di malam hari untuk menentukan di mana kamu tinggal.

Menyimpulkan Kebiasaan

Paten ini (U.S Patent no. 9.369.983) memberi indikasi hubungan antara lokasi handphone-mu dan lokasi handphone temanmu untuk menentukan dengan siapa kamu sering bersosialisasi. Selain itu, paten ini juga memberi indikasi pemantauan kapan handphone-mu dalam posisi diam, untuk melacak berapa lama kamu tidur.

[irp posts=”49807″ name=”Cara Menghapus Akun Facebook (Sementara dan Permanen)”]

Memang kalau kita berpikir tentang privasi, paten Facebook di atas bisa meresahkan. Apalagi Facebook juga memiliki aplikasi populer lain seperti Instagram dan WhatsApp. Saat ini kita pun seolah-olah tidak bisa lepas dari handphone dan aplikasi tersebut.

Namun tidak bisa dielakkan juga bahwa dalam beberapa hal — misalnya jualan online — hal itu membantu. Yah, seperti juga bagaimana Google bisa membantu memberi rute di Google Maps atau hal sejenisnya. Tapi kalau kamu memang resah dan gelisah, ada baiknya memperhatikan berbagai pilihan yang ada di setelan aplikasi Facebook. Kemudian batasi apa yang perlu dan apa yang tidak untuk dibagi ke sana.

    %d blogger menyukai ini: