Samsung Patenkan Sistem Multi Kamera Dengan Fungsi “Tilt”

Walau lomba adu besar sensor kamera hadir, ternyata lomba adu banyak kamera belum belum selesai. Samsung mendaftarkan paten sistem multi kamera yang mendukung fungsi “tilt“.

Setelah fitur kamera ganda hadir, berbagai merek smartphone mulai menanamkan banyak kamera di smartphone. Ketika itu, kompetisi adu banyak kamera ini sempat jadi bahan cemoohan. Bahkan tidak sedikit yang menertawakan sistem 5 kamera di Nokia 9 PureView.

Namun kenyataan berkata lain. Kini sistem empat kamera, atau lebih dikenal dengan nama quad-camera, sudah menjadi standar. Kompetisi pun beralih ke sensor kamera, dengan tokoh utama Samsung.

Ternyata Samsung belum berhenti sampai di situ. Sebuah paten yang terdaftar atas nama Samsung Electronics Co. Ltd. dan dipublikasikan pada tanggal 11 Juni 2020 menunjukkan konsep multi kamera yang bisa bekerja bersamaan.

paten 6 kamera samsung

Di paten tersebut disebutkan konsep kamera yang memiliki fungsi tilt. Dalam pengoperasian kamera video, tilt merupakan gerakan atas-bawah dengan satu titik poros (jadi kamera tidak bergeser seluruhnya).

Yang lebih menarik lagi, kemampuan tilt ini bisa dilakukan setiap kamera secara independen. Dari dokumen yang ada, paling tidak ada dua kamera yang bisa bekerja bersamaan. Teorinya, dua kamera ini bisa saling menyesuaikan posisi agar bisa mendapat hasil yang maksimal.

Salah satu contoh kegunaan yang disajikan adalah ketika memotret gambar panorama. Dengan satu kamera bergerak ke arah tepi dan kamera lain tetap lurus, perangkat bisa menangkap gambar lebih baik berdasar data dari semua lensa yang ada. Ya, pada titik ini kelihatannya istilah “tilt” agak rancu dengan “pan” (bergerak kanan-kiri pada satu poros).

Sistem ini juga memungkinkan pengambilan gambar panorama dengan efek bokeh, yang saat ini belum ada (paling tidak di ponsel Samsung). Selain itu. keterangan di paten juga menyebutkan kalau sistem ini juga bisa menghasilkan foto dalam kondisi cahaya redup yang lebih baik, meningkatkan jarak fokus, dan meningkatkan kualitas HDR.

Walau paten sistem multi kamera dengan fungsi tilt ini sudah dipublikasikan, belum tentu akan segera hadir di smartphone Samsung. Walau begitu, sangat menarik melihat bagaimana produsen smartphone berusaha melakukan inovasi untuk membuat produk mereka berbeda.

%d blogger menyukai ini: