Diskon VPN terbaik: Klik di sini

Samsung Umumkan Sensor Kamera ISOCELL Bright HMX 108MP

Sebuah kerjasama dengan Xiaomi

sensor kamra 108mp isocell
gambar: Samsung

Pada tanggal 12 Agustus 2019, Samsung mengumumkan sensor kamera terbaru berkekuatan 108MP yang bernama ISOCELL Bright HMX. Sensor ini merupakan perwujudan kerja sama antara Samsung dengan Xiaomi.

Beberapa waktu lalu, Xiaomi memberikan informasi lebih jauh mengenai pemakaian sensor 64MP. Sensor itu, adalah sensor ISOCELL Bright GW1 dari Samsung. Bersama informasi tersebut, Xiaomi juga menggoda kita dengan smartphone yang akan memakai sensor berkekuatan 108MP.

Teaser dari Xiaomi itu kemudian disusul oleh kicauan Samsung ISOCELL di Twitter. Mereka menyebutkan akan memberi berita besar.

Berita besar itu adalah sensor kamera 108MP ISOCELL Bright HMX.

Sensor Kamera Smartphone Terbesar Saat Ini

Samsung menyebutkan kalau sensor ini merupakan sensor pertama yang memiliki ukuran 1/1,33 inci. Dengan besar seperti itu, sensor ini mampu menangkap lebih banyak cahaya bahkan di kondisi ekstrim (redup).

sensor kamera 108mp samsung ISOCELL Bright HMX
sensor kamera ISOCELL Bright HMX (gambar: Samsung)

Sama seperti versi 64MP, sensor kamera smartphone ini juga memiliki teknologi Tetracell dan Smart-ISO. Tertracell akan menggabungkan informasi dari empat pixel menjadi satu. Sedangkan Smart-ISO akan membantu mebgoptimalkan tangkapan cahaya sehingga menghasilkan gambar yang lebih berwarna dan mengurangi gangguan (noise) di kondisi gelap.

Samsung juga menyebutkan bahwa dengan teknologi tersebut, sensor ini bisa menghasilkan foto dengan hasil 27MP yang cerah. Sedangkan untuk video, sensor ini mampu merekam sampai resolusi 6K (6016×3384) di 30 fps.

Untuk sensor ini, Samsung dan Xiaomi sudah bekerja sama sejak tahap konsep sampai ke produksi. Tentunya kehadiran sensor kamera 108mp ini di smartphone sangat dinanti. Namun belum ada informasi lebih jauh kapan dan ponsel apa yang akan memakainya pertama kali.

Sensor ini sendiri akan diproduksi secara masal di akhir bulan ini. Sementara itu, kita masih akan menyaksikan peralihan tren penggunaan sensor kamera 64MP yang menggantikan sensor 48MP.

Hm, bagaimana respon Sony soal ini? Bagaimanapun juga, sensor kamera 48MP yang banyak dipakai saat ini merupakan sensor IMX586 dari Sony.

More Stories
Segera Rilis, Ini Dia Fakta Menarik Game Mario Kart Tour Mobile