Diskon VPN terbaik: Klik di sini

Penampakan Android di Ponsel Standar dari Nokia

foto: 9to5Google

Saat menyebut Android, pasti yang terbayang di benak kita adalah smartphone. Namun mungkinkah Android hadir di ponsel standar? Nah, ada penampakannya di sebuah ponsel standar Nokia.

Ponsel standar, atau biasanya disebut feature phone, adalah ponsel dengan fitur yang mendasar. Menelpon, mengirim pesan, menelusuri internet, dan beberapa fungsi standar lain.

Memang, ponsel ini juga memiliki aplikasi atau bisa memainkan game. Tapi fitur dan kekuatan feature phone jauh di bawah smartphone, baik Android maupun iOS. Misalnya, tidak mendukung layar sentuh dan punya spesifikasi rendah.

Saat ini, kebanyakan ponsel standar memakai sistem operasi yang bernama KaiOS. Misalnya Nokia Pisang baru (Nokia 8110 4G). Tapi kelihatannya, sistem operasi itu akan mendapat saingan berat.

Situs 9to5Google mendapat bocoran berupa foto dan screenshot sebuah ponsel standar yang memakai Android. Ponsel itu memang tidak bermerek (kelihatannya tertutup cover karet). Sumber yang memberi bocoran itu mengatakan kalau ponsel itu adalah ponsel Nokia.

Memang kalau melihat susunan keypad yang ada, ponsel itu terlihat mirip dengan Nokia 220. Ponsel ini merupakan feature phone yang dirilis Nokia pada tahun 2014.

android di ponsel standar
sumber gambar: 9to5Gogle

Di foto tersebut, terlihat kalau bentuk dan posisi ikon di layar sangat mirip dengan Android. Perhatikan saja ikon kamera, Chrome, dan YouTube. Lalu ada juga ikon untuk membuka daftar aplikasi (App Drawer).

Di bagian atas, terdapat ikon yang kelihatannya untuk Google Assistant atau Pencarian dengan Suara (Voice Search). Sedangkan di bawahnya terdapat pilihan untuk mengganti bahasa (Change language setting).

DI bagian paling bawah, terlihat bilah menu khas ponsel standar. Ada Alerts, Select, dan Setting. Sepertinya Alerts akan berfungsi sebagai tempat pemberitahuan atau notifikasi. Sedangkan Select merupakan tanda untuk memilih (berhubungan dengan tombol kontrol fisik). Untuk Setting, yah… fungsi setelan.

Android sudah punya versi ringan untuk ponsel dengan spesifikasi rendah. Versi itu disebut dengan Android Go. Namun kalau melihat bocoran ini, kelihatannya Android juga akan hadir di kelas feature phone.

More Stories
harga paket internet broadband
Perbandingan Harga Paket Internet Broadband