5 Handphone Baru Nokia di Tahun 2018

handphone nokia 2018

Di acara MWC, HMD Global mengumumkan jajaran handphone baru Nokia 2018. Ada empat buah smartphone baru ditambah kebangkitan Nokia 8110 (Nokia Pisang) yang legendaris.

Secara mengejutkan, HMD Global berhasil membawa nama Nokia bangkit kembali di ranah smartphone. Walau belum masuk jajaran merk teratas smartphone dunia, penjualan smartphone Nokia secara keseluruhan mendapat nilai baik. Tentu saja, hal ini membuat langkah HMD Global berikutnya menjadi menarik.

Nokia dan Android One

HMD Global mengumumkan bahwa semua smartphone Nokia akan masuk dalam program Android One Google secara global. Apa artinya? Handphone Nokia akan menggunakan sistem operasi Android murni tanpa perubahan tampilan, update yang teratur, dan tentu saja akses ke layanan Google.

Ini merupakan langkah yang menarik. Dulu saat nama Nokia masih bergaung kencang, banyak fans berharap Nokia memilih Android. Saat itu banyak yang bilang, kalau Nokia menggunakan Android, ia tidak akan jatuh. Namun, seperti kita ketahui, sejarah berkata lain.

Sekarang, setelah kembali bekerja sama dengan Zeiss, Nokia menjadi mitra pertama program Android One secara global. Secara perlahan HMD Global berusaha memenuhi harapan fans Nokia dan mengembalikan Nokia ke khitahnya.

Tentu saja hal itu tidak akan berjalan baik kalau tidak disertai dengan perangkat yang menarik. Jadi, handphone baru Nokia apa saja yang hadir di tahun 2018 ini?

[irp posts=”40385″ name=”Handphone Nokia Apa yang Pernah Kalian Miliki?”]

Nokia 8110 Baru

nokia 8110 baru (nokia pisang)

Nokia 8810 dulu dikenal dengan nama Nokia Pisang karena bentuknya yang melengkung. Handphone ini terkenal karena dipakai oleh Neo di film The Matrix. Sekarang HMD Global membawa kembali sang legenda, seperti ia membawa Nokia 3310 sebelum ini.

Nokia 8110 baru masih berupa feature phone alias handphone biasa (bukan smartphone). Walau begitu, handphone ini mendukung 4G dan VoLTE, dan aplikasi standar seperti Google Search, Google Maps, Facebook, Twitter, Email, dll. Jadi tetap fungsional (meski terbatas).

Nokia 8110 menggunakan prosesor Snapdragon 205, dan memiliki pilihan warna hitam dan kuning (namanya juga pisang). Handphone ini akan tersedia mulai bulan Mei 2018 dengan harga sekitar €79.

Nokia 1

nokia 1 2018 merah

Nokia 1 adalah smartphone kelas pemula. Handphone ini menggunakan Android Oreo (Go edition). Dengan sistem operasi ini, kamu tetap bisa menggunakan Android relatif mudah walau dengan RAM 1 GB. Kamu juga bisa menggunakan berbagai aplikasi ringan Android, seperti YouTube Go, dll.

Handphone Nokia 1 juga membawa kembali cover Xpress-on. Jadi kamu bisa merubah warna casing belakang dengan cepat dan mudah. Nokia 1 akan tersedia pada bulan April dalam warna Warm Red dan Dark Blue. Harganya sekitar $85. Sedangkan harga casing Xpress-on sekitar $7,99.

Nokia 6 (2018)

nokia 6 2018 baru

Nokia 6 merupakan smartphone kelas menengah. Sebelum pengumuman di MWC 2018 ini, Nokia sudah terlebih dulu mengumumkan Nokia 6 di Cina.

Nokia 6 memiliki konstruksi unibody dari aluminium solid. Handphone ini juga menggunakan layar 5,5 inci 2,5D Corning Gorilla Glass. Sesuai dengan tradisi tahan banting Nokia.

Di dalamnya, terdapat prosesor Snapdragon 630, kombinasi RAM dan penyimpanan: 3GB/32GB dan 4GB/64GB, baterai 3000mAh dengan USB-C dan fast charging. Nokia 6 memiliki kamera belakang sebesar 16 MP dengan lensa Zeiss dan dual-tone flash, dan kamera depan 8 MP.

Nokia 6 tersedia dalam pilihan warna: Black/Copper, Blue/Gold, dan White/Iron. Harga Nokia 6 dibandrol sekitar €279. Mulai dipasarkan pada awal bulan April.

Nokia 7 Plus

nokia 7 plus

Nokia 7 Plus merupakan handphone menengah-atas yang menarik. Sama seperti Nokia 6, handphone ini juga dibuat dari blok solid aluminium, dan memiliki aksen di bodinya. Layarnya berukuran 6 inci dengan rasio 18:9 dan kualitas HD+.

Di dalamnya kamu bisa menemui prosesor Snapdragon 660 dengan RAM 4GB, penyimpanan 64GB (plus SDcard), dan baterai 3800mAh (fast charging, USB Type-C). Nokia 7 Plus juga dilengkapi dengan 3 mikrofon dengan 360° Nokia spatial audio.

Berbeda dengan Nokia 6, Nokia 7 Plus memiliki kamera ganda di bagian belakang. Konfigurasinya adalah: 12 MP (f/1.75, 1.4 µm)+ 13 MP (f/2.6, 1.0 µm) dengan dual LED dual-tone flash. Sementara di bagian depan, ada kamera 16 MP (f/2.0, 1.0 µm).

Sama seperti handphone baru Nokia lain, Nokia 7 Plus akan mulai tersedia pada bulan April. Harganya sekitar €399.

Nokia 8 Sirocco

nokia 8 sirocco

 

Nokia 8 Sirocco adalah handphone baru Nokia untuk kelas flagship. Handphone ini punya konstruksi yang serupa dengan dua handphone di atas. Bedanya, Nokia 8 Sirocco menggunakan stainless steel sebagai bingkai dan Corning Gorilla Glass 5 di bagian depan dan belakang.

Di dalamnya ada prosesor Snapdragon 835 (entah kenapa tidak pakai 845), RAM 6 GB, Penyimpanan 128 GB (plus SDcard), dan baterai 3260mAh dengan colokan USB-C. Handphone ini dilengkapi dengan Nokia OZO audio dengan 3 mikrofon.

Nokia 8 Sirocco memiliki kamera ganda di belakang: 12 MP (f/1.75, 1.4 µm)+ 13 MP (f/2.6, 1.0 µm) dengan dual LED dual-tone flash. Sementara di bagian depan menggunakan kamera 5 MP (f/2.0, 1.4 µm).

Nokia 8 Sirocco akan tersedia pada bulan April dengan harga €749.

[irp posts=”47668″ name=”Apa Yang Akan Jadi Tren Smartphone 2018?”]

Itulah beberapa handphone baru Nokia 2018 yang diumumkan di acara MWC di Barcelona, Spanyol. Secara keseluruhan mungkin memang belum ada kejutan atau inovasi yang dahsyat.

Namun, saat ini persaingan handphone Android yang nyata ada di kelas menengah. Lihat saja kepopuleran Xiaomi, OnePlus, dan juga Motorola. Dari segi sistem operasi Android murni (atau mendekati), mungkin Motorola adalah pesaing terdekat Nokia.

Apakah HMD Global akan bisa meningkatkan daya saing dengan koleksi handphone baru Nokia 2018 ini? Kita lihat pertengahan tahun nanti ketika sudah benar-benar beredar. Apakah kamu berminat?