Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Pengguna Huawei Mendapat Jaminan Uang Kembali (Refund)

Anom Penulis

Akibat pencekalan Huawei, tersebar berbagai rumor dan terjadi kepanikan di antara para penggunanya. Namun Huawei menangkal rumor itu. Bahkan pengguna Huawei mendapat jaminan uang kembali alias refund dari distributor untuk kondisi tertentu.

Sumber kepanikan itu adalah putusnya hubungan kerjasama dari beberapa perusahaan teknologi besar. Seperti Google dengan dukungan Play Store dan berbagai aplikasinya, juga Facebook dengan berbagai media sosial di bawahnya.

Rata-rata pengguna takut kalau tiba-tiba ponsel Huawei miliknya tidak berfungsi. Namun anggapan itu salah kaprah. Ponsel itu sudah beredar di pasar. Baik Huawei, Google, Facebook, dll tetap bertanggung jawab atas layanan mereka di ponsel itu.

Huawei Bantah Rumor

Huawei sudah berusaha membantah rumor yang beredar. Salah satunya adalah situs Huawei di Jerman.

Beberapa jawaban Huawei di antaranya adalah (dari terjemahan Google):

  • Ponsel Huawei yang sudah ada di pasar tetap bisa menggunakan layanan Facebook, Instagram, WhatsApp
  • Ponsel Huawei tetap bisa memakai layanan Google, termasuk Play Store dan aplikasinya. Termasuk setelah melakukan factory reset.
  • Sistem operasi Android tetap ada dan berfungsi.
  • Hak dan garansi pengguna Huawei tetap berlaku dan tidak terpengaruh kejadian pencekalan.

Jaminan Uang Kembali untuk Ponsel Huawei

Salah satunya di Filipina. Di sana terdapat program jaminan “2 Tahun Aplikasi Google” untuk ponsel yang dibeli sampai 31 Agustus 2019. Ponsel yang termasuk di dalamnya mulai dari Huawei seri P, seri Nova, seri Y, seri M, dan seri T (sumber: Revu Filipina).

Bagaimana dengan Huawei di Indonesia? Ternyata jaminan uang kembali pun ada untuk ponsel Huawei di Indonesia. Erafone sebagai salah satu distributor Huawei memiliki program jaminan khusus 100% refundable.

Djatmiko Wardoyo, selaku Direktur Pemasaran dan Komunikasi Erajaya Group, menyatakan “Kami menyatakan dukungan dan kepercayaan penuh kami kepada Huawei melalui program Jaminan Khusus ini untuk membuktikan bahwa perangkat Huawei aman untuk dibeli.”

Baca Juga:  Huawei MatePad Pro 11 Hadir dengan Snapdragon 888 dan Layar 120Hz

Jaminan 100% refundable itu berlaku untuk pembelian ponsel Huawei di periode 19 Juni – 31 Agustus 2019.  Syaratnya jika aplikasi Google Play, Gmail, Google Map, Galeri Google, Chrome, YouTube, Facebook, Instagram, dan WhatsApp tidak berfungsi pada perangkat yang dibeli di Erafone.

Ponsel Huawei yang masuk dalam program jaminan Erafone adalah P30 Pro, P30, Mate 20 Pro, Mate 20, P30 Lite, Nova 3i, Y7 Pro 2019 (4/64GB) dan Y7 Pro 2019 (3/32GB).

Hal itu bisa dilihat dari kiriman Instagram mereka, lengkap dengan hashtag #SpecialWarranty.

 

View this post on Instagram

 

Beli Huawei di Erafone sekarang! Dapatkan perlindungan extra dengan garansi 100% refundable! Untuk pembelian Huawei di periode 19 Juni – 31 Agustus 2019. *Syarat & Ketentuan berlaku. . . *Program ini berlaku apabila terjadi aplikasi yang tidak berfungsi pada device yang dibeli secara resmi di Erafone pada periode yang tertulis diatas. Aplikasi yang disebutkan sebagai berikut: Google Play, Gmail, Google Map, Galeri Google, Chrome, YouTube, Facebook, Instagram, dan WhatsApp. *Perangkat dalam masa garansi 1 tahun sejak tanggal pembelian. Erafone memenuhi kebutuhan gadget di #eranyapenuhgaya yang lebih praktis dan nyaman. Applicable for Huawei Devices : P30 Pro, P30, Mate20 Pro, Mate20, P30 Lite, Nova3i, Y7 Pro 2019 (4/64GB) dan Y7Pro 2019 (3/32GB) #specialwarranty

A post shared by Erafone (@erafonestores) on

Nah, jadi sudah jelas. Tidak perlu ada kepanikan kalau mau beli ponsel Huawei. Toh sudah ada janji dan jaminan kalau semua tetap berfungsi (atau uang kembali).

Walau terhempas badai, Huawei nampaknya memang tetap bertahan. Bahkan, dengan perkiraan keuntungan menurun $30 milyar pun, Huawei tetap menjalankan riset dan pengembangan teknologi dan tidak akan melakukan PHK. Termasuk juga tetap berusaha menjamin kepuasan konsumen.