Kamu Bakal Bisa Perbaiki Password Banyak Situs Langsung dari Chrome

Buat kamu yang suka lupa atau punya kata sandi yang tak aman di Chrome, tenang. Kamu bakal bisa perbaiki password di Chrome dengan mudah.

Bagi kebanyakan orang, menghafal kata sandi adalah hal yang sulit sekaligus menyebalkan. Makanya tak heran kalau kebanyakan orang bakal pakai password yang sama di berbagai situs.

Memang enak sih. Kita tidak perlu repot-repot menghafal banyak kata sandi. Tapi bahayanya kalau suatu saat ini kata sandi kita diketahui orang lain. Mereka otomatis bakal bisa membobol situs lainnya.

Bukan cuma itu, mengubah kata sandi juga merupakan tugas yang merepotkan. Bagaimana tidak, kamu harus membuka situs tersebut, login, menemukan pengaturan akun, membuka halaman kata sandi, baru mengubahnya  Itu baru satu situs, coba kalau kamu mengubah kata sandi di banyak situs? Hm, pasti capek lah.

Tapi buat kamu pengguna Chrome, jangan khawatir lagi soal masalah di atas. Sebab Chrome kini hadir dengan pengelola kata sandi / password manager yang lebih baik.

Nantinya, Chrome bakal membantumu mengubah kata sandi ‘hanya dengan satu ketukan.’ Tapi dukungan ini tak akan tersedia di semua situs, hanya beberapa situs saja.

Buat situs yang didukung, kamu bakal mendapat notifikasi dari Chrome kalau kata sandimu pernah dibobol orang lain. Kamu juga bakal melihat tombol “Change Password.”

Kalau kamu mengklik tombol tersebut, Chrome bakal membawamu ke situs yang pernah dibobol kata sandinya itu. Selanjutnya, Chrome juga bakal memandumu mengubah kata sandi. Kamu bisa pilih, ingin melakukannya secara manual atau menyerahkan tugas ini ke Google Assistant.

Sementara itu, fitur canggih ini didukung oleh “Duplex on the Web.” Jadi ini adalah program yang dirancang agak Google Assistant bisa menyelesaikan tugas-tugas mudah. Contohnya untuk memesan makanan, check in penerbangan, dll.

Untuk saat ini, fitur tersebut baru diluncurkan di aplikasi Chrome Android di AS. Tapi Google mengatakan kalau peluncuran fitur ini bakal diperluas untuk orang-orang yang menyinkronkan kata sandi mereka dalam beberapa bulan mendatang.

%d blogger menyukai ini: