Moto Z vs Moto E3 Power: Apa Perbedaan yang Paling Terasa?

perbandingan moto z vs e3 power

Saat membandingkan antara handphone flagship dan handphone low-end, otomatis kita pasti menganggap handphone flagship-lah pemenangnya. Tapi apakah benar seperti itu? Saya mencoba membuat perbandingan Moto Z dan Moto E3 Power.

Sebelum ini saya sudah memberikan opini tentang Moto Z dan Moto E3 Power. Saya belum lama memegang handphone flagship Motorola ini. Sebaliknya, saya sudah lebih dari setengah tahun menggunakan handphone ekonomis Motorola.

Ada beberapa hal yang membuat saya terkejut. Mulai sejak pertama melihat sampai setelah mencoba berbagai fitur. Walau Moto Z merupakan sipat kandhel1 Motorola di tahun 2016, saya lebih menyukai beberapa aspek Moto E3 Power.

Desain

Saya kurang suka handphone Motorola dengan tombol fingerprint scanner kotak. Terlihat canggung, terlalu kecil, dan kurang sesuai dengan keseluruhan desain handphone.

Untuk masalah penampilan, saya lebih suka “wajah” handphone Moto yang “polos”, hanya menampilkan garis speaker. Lihat mayoritas handphone Motorola generasi ke-3 dan ke-4. Kalau pun ada fingerprint scanner, saya lebih suka versi Moto Z2 yang membulat.

tampilan depan moto z vs moto e3 power

Kemudian, saya juga berpendapat kalau desain kamera belakang lebih keren dalam bidang vertikal daripada lingkaran. Ditambah logo Motorola di bawahnya, hal ini menjadi kekhasan Motorola.


OOT 〉 Dalam hal desain kamera, Motorola dan Nokia kelihatannya punya prinsip yang mirip. Nokia dulu juga menggunakan model bidang vertikal di seri Lumia awal dan akhirnya menggunakan desain lingkaran di Lumia 950. HMD Global kembali menggunakan bidang vertikal di handphone Nokia terbaru.


bagian belakang moto z vs e3 power

Jadi secara umum saya lebih menyukai desain Motorola E3 Power daripada Moto Z. Namun tentu saja, materi bahan dan dimensi Moto Z cukup menggoda.

Performa

Secara umum — baik di atas kertas maupun kenyataannya — Moto Z memiliki keunggulan dari Moto E3 Power. Itu sudah jelas.

Apalagi Moto Z bisa update ke Android yang lebih baru. Saat ini handphone yang saya pegang menggunakan Android 7 Nougat. Dengan demikian, fitur terbaru bisa dinikmati. Misalnya, akses pilihan menu aplikasi langsung dari start screen.

moto z android nougat

Di sisi lain, ada satu hal yang membuat Moto E3 Power lebih unggul. Baterai. Di atas kertas, baterai Moto E3 Power sebesar 3500 mAH, sedangkan Moto Z sebesar 2600 mAH.

Dalam penggunaan sehari-hari, Moto E3 Power memang terbukti lebih awet. Sebenarnya bisa kita maklumi. Spesifikasi (termasuk ukuran layar) Moto Z yang lebih besar menyedot daya yang lebih besar juga. Terutama kamu kamu aktif melakukan multi-tasking, main game, dan semuanya online.

Pepatah mengatakan bahwa punya kemampuan lebih berarti ada tanggung jawab lebih. Di perbandingan Moto Z dan Moto E3 Power untuk baterai, hal itu terbukti.

Kamera

Mungkin ada yang tertawa ketika membaca saya membandingkan kamera Moto Z dan Moto E3 Power. Haaa… Jangan salah. Ada sesuatu yang menarik di sini.

Oke, secara keseluruhan, baik detil, ketajaman gambar, fitur, dll Moto Z menang. Saat cahaya mencukupi, Moto E3 Power terhitung baik. Tapi tetap saja Moto Z mendominasi.

Saat mencoba kamera kedua handphone tersebut, saya menemukan bahwa kamera Moto E3 Power bisa memotret makro lebih mudah dari Moto Z.

Silakan klik foto untuk melihat dalam ukuran asli.

hasil foto makro moto e3 power
Hasil foto makro Moto E3 Power
foto makro moto z
Hasil foto makro Moto Z

Bisa kamu lihat dari kedua foto di atas. Fokus saya tujukan pada badan mainan LEGO (dengan tap). DI Moto Z, saya juga mencoba dengan fokus manual.

Dengan jarak yang sama, fokus kamera Moto E3 Power bisa “mengejar” jarak lebih dekat. Sementara Moto Z, tidak mampu “mengejar” dan “memilih” meletakkan fokus di roket. Perhatikan pula bahwa lensa kamera Moto Z menghasilkan framing lebih wide.

Menarik bukan?

Kesimpulan

Yah, perbandingan Moto Z dan Moto E3 Power ini memang saya lakukan untuk bersenang-senang. Ternyata hasil yang saya dapatkan cukup menarik.

Kalau kamu suka handphone Motorola dan ingin yang powerful, tentu saja Moto Z adalah pilihannya. Tapi kalau kamu memiliki dana terbatas, jangan berkecil hati. Secara umum Moto E3 Power sangat memadai.

Sejauh ini, saya senang dengan desain dan keawetan baterai Moto E3 Power. Temuan soal foto makro menjadi bonus tersendiri. Tapi, saya jelas tidak menolak kalau punya Moto Z. ????


ARTIKEL TERKAIT

[1] Benda pusaka andalan