Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Tanda Centang di Twitter Sekarang Dibikin Bervariasi, Beda Warna Beda Jenis Akunnya!

tanda centang di twitter
Sumber: XDA-Developers
Indri Penulis

Tanda centang di Twitter sekarang dibikin beda warna. Bagaimana perbedaan warnanya dan apa saja artinya? Simak dalam ulasan berikut.

Banyak media sosial yang selama ini memanfaatkan tanda centang untuk memverifikasi akun resmi. Salah satunya Twitter, yang biasanya menggunakan centang biru untuk menandakan akun terverifikasi.

Tapi setelah Elon Musk resmi menjabat CEO Twitter, ada perubahan pada konsep centang biru. Tanda yang awalnya bisa didapatkan dengan memenuhi syarat tertentu, sekarang dibikin berlangganan via Twitter Blue.

Nggak cuma itu, baru-baru ini tanda centang di Twitter juga dibikin berbeda warna. Setiap warna bakal menandakan jenis akun tersebut. Kira-kira seperti apa perbedaan tanda centang di Twitter sekarang? Yuk kita lihat bareng-bareng.

Perbedaan Tanda Centang di Twitter Saat Ini

Layanan Twitter Blue akhirnya resmi diluncurkan kembali sejak seminggu yang lalu. Kembalinya Twitter Blue turut mengantarkan era baru terhadap tanda centang biru di Twitter.

Bagaimana tidak, selama sepuluh hari terakhir, Twitter perlahan mulai memperkenalkan konsep baru dari tanda centang biru di Twitter.

Dulu mungkin kita cuma mengenal satu tanda centang biru di Twitter. Tapi sekarang beda, kini Twitter punya berbagai tanda centang yang divariasi warna dan fungsinya.

Tim Twitter sendiri sudah menjelaskan perbedaan tanda centang di Twitter. Hal tersebut mereka sampaikan lewat salah satu postingan terbaru di Twitter Blog. Lalu apa saja perbedaan tanda centang Twitter saat ini?

Tanda Centang Biru Twitter

Tanda centang biru adalah yang paling familiar bagi pengguna. Soalnya ini adalah tanda yang paling awal ada di Twitter. Sekarang fungsi tanda centang biru di Twitter apa sih?

tanda centang di twitter
Sumber: Twitter Blog

Sekarang ada dua jenis akun yang bisa dapat centang biru. Pertama adalah akun yang sebelumnya diotentikasi oleh Twitter dan mendapat centang biru. Lalu yang kedua adalah akun berbayar yang berlangganan Twitter Blue (ini yang versi kebijakan baru ya).

Baca Juga:  Akuisisi Twitter oleh Elon Musk Ditunda Gara-Gara Akun Spam

Tanda Centang Emas Twitter

Tanda centang emas dipakai untuk akun bisnis resmi di program Twitter Blue for Business. Saat ini, program tersebut masih dalam tahap uji coba. Cuma bisnis tertentu saja yang bisa diundang untuk melangsungkan uji coba.

tanda centang di twitter
Sumber: Twitter Blog

Akun bisnis nantinya nggak cuma punya tanda centang emas. Tapi mereka juga bakal punya gambaran profil persegi yang membedakannya dengan akun non-bisnis.

Tanda Centang Abu-Abu Twitter

Kalau tanda yang satu ini khusus dipakai untuk akun ‘lembaga atau pejabat pemerintahan, atau organisasi multilateral.’ Contohnya apa sih?

Contohnya yakni layanan tanggap krisis nasional dan lokal, keselamatan publik, penegakan hukum, badan pengatur, dll.

tanda centang di twitter
Sumber: Twitter Blog

Selain tanda centang, Twitter juga bakal menambahkan label untuk berbagai entitas berbeda di platform. Tujuan pemberian label ini adalah untuk memberikan konteks tambahan pada akun (contohnya afiliasi negara, afiliasi pemerintah, dll).

Tidak hanya itu, nanti bakal ada ikon tambahan untuk akun ini. Ikon tambahan ini bakal membantu pengguna membedakan jenis akun lembaga/pemerintahan dengan mudah.


Kalau kamu ingin memberikan pertanyaan atau masukkan, silakan tulis di kolom komentar atau kirim  email  ke [email protected]