Persaingan Merek Smartphone Yang Menjadi Rival Berat

samsung galaxy note 10 vs iphone 11 max pro

Saat ini ada berbagai merek smartphone yang bersaing keras. Namun di antara sekian banyak, ada beberapa persaingan antar merek smartphone yang seru dan boleh dibilang menjadi rival berat.

Tiap merek smartphone memiliki strateginya masing-masing untuk merebut hati para konsumen. Ada yang berani memasang harga murah, ada yang rajin memasang fitur dan teknologi baru, dan ada pula yang bermain di wilayah gengsi.

Toh setelah sekian lama smartphone hadir di tengah kita, harus kita akui pula ada beberapa merek yang bersaing ketat. Entah sebagai rival lama atau baru. Tanpa sadar kita sering membandingkan produk-produk yang mereka miliki.

Sampai saat ini (ketika artikel ditulis) paling tidak ada dua persaingan ketat antar merek di dua kelas berbeda. Mungkin kamu sudah menduga keduanya. Tapi mari kita lihat.

Samsung vs Apple

Samsung dan Apple sama-sama memiliki produk smartphone di kelas premium. Samsung memiliki lini Galaxy S dan Note, sedangkan Apple memiliki iPhone dengan berbagai variannya.

Persaingan kedua merek ini di wilayah smartphone sudah berlangsung lama. Bahkan mereka pun sempat saling tuntut di meja hijau dan berlangsung sejak tahun 2007 sampai 2018 di berbagai negara (kebanyakan soal paten desain). Tidak jarang pula persaingan mereka menjadi simbol persaingan antara Android dan iOS.

layar galaxy note 10 dan iphone 11 max pro
Samsung Galaxy Note 10 dan iPhone 11 Max Pro

Salah satu hal menarik dari perang ini adalah dari sisi desain. Kita tahu kalau produk Apple sering menjadi trendsetter. Bahkan iPhone boleh dibilang menjadi pondasi smartphone masa kini. Di sisi lain, Samsung juga memberi pengaruh besar.

Samsung memperkenalkan layar melengkung ke samping di Galaxy Note Edge. Desain ini kini menjadi salah satu standar smartphone premium Samsung dan diikuti oleh merek lain (Oppo dan Vivo). Selain itu, Samsung juga menawarkan tren layar lain seperti Infinity-O di seri Galaxy S10 yang berbeda dengan tren notch yang dipopulerkan iPhone X.

Selain itu, ekosistem yang mendukung juga menjadi persaingan tersendiri. Apple tentu saja sudah punya integrasi tersendiri antar produknya. Sementara Samsung, menghadirkan berbagai integrasi dengan Windows. Mulai dari fitur DeX, sampai kerjasamanya dengan Microsoft untuk OneDrive (cloud) dan Office. Belum lagi untuk teknologi kamera atau terobosan teknologi lain.

Memang ada merek lain yang juga memiliki produk unggulan bersaing, seperti Huawei seri P atau Mate dan Google Pixel. Namun secara umum, persaingan yang mereka bawa belumlah ikonik seperti Samsung Galaxy vs Apple iPhone.

Xiaomi vs Realme

Persaingan kedua merek smartphone ini baru muncul secara ketat di tahun 2019. Baik Xiaomi maupun Realme sama-sama memiliki ponsel andalan di kelas menengah. Boleh dibilang keduanya saat ini mengacak-acak pasar ponsel kelas menengah.

Xiaomi sudah cukup lama menawarkan berbagai seri ponsel yang punya harga sangat terjangkau dengan fitur memadai. Sedangkan Realme belum lama hadir dan mampu hadir sebagai rival sepadan, baik dari sisi harga maupun fitur.

persaingan merek smartphone redmi note 8 pro dan realme xt
Redmi Note 8 Pro dan Realme XT

Lihat saja, pada bulan Oktober 2019, persaingan mereka memuncak dengan merilis ponsel dengan spesifikasi dan fitur yang mirip. Melalui lini Redmi, Xiaomi meluncurkan ponsel Note 8 dan 8 Pro yang punya kamera 48MP dan 64MP. Sedangkan Realme juga meluncurkan seri 5 Pro dan XT yang juga punya kamera sejenis.

Dari sisi harga pun keduanya hadir berdampingan. Perbedaan yang ada sangat tipis, yang kadang hanya berbeda varian RAM atau kapasitas penyimpanan. Saat ini, dari sisi portofolio, Xiaomi sedikit berada di depan dengan Mi Note 10 yang punya kamera 108MP melalui kerjasama eksklusif bersama Samsung.

Sekali lagi, ada banyak pilihan ponsel kelas menengah. Namun belum ada yang bersaing seketat kedua merek ini. Xiaomi mungkin masih lebih populer. Namun Realme tumbuh dengan pesat dan berhasil masuk 5 besar, tidak hanya di Indonesia, tapi juga di India.