ASUS UX304
ASUS UX304
ASUS UX304

Persaingan Merek Smartphone Yang Menjadi Rival Berat

samsung galaxy note 10 vs iphone 11 max pro
Anom Penulis

Saat ini ada berbagai merek smartphone yang bersaing keras. Namun di antara sekian banyak, ada beberapa persaingan antar merek smartphone yang seru dan boleh dibilang menjadi rival berat.

Tiap merek smartphone memiliki strateginya masing-masing untuk merebut hati para konsumen. Ada yang berani memasang harga murah, ada yang rajin memasang fitur dan teknologi baru, dan ada pula yang bermain di wilayah gengsi.

Toh setelah sekian lama smartphone hadir di tengah kita, harus kita akui pula ada beberapa merek yang bersaing ketat. Entah sebagai rival lama atau baru. Tanpa sadar kita sering membandingkan produk-produk yang mereka miliki.

Sampai saat ini (ketika artikel ditulis) paling tidak ada dua persaingan ketat antar merek di dua kelas berbeda. Mungkin kamu sudah menduga keduanya. Tapi mari kita lihat.

Samsung vs Apple

Samsung dan Apple sama-sama memiliki produk smartphone di kelas premium. Samsung memiliki lini Galaxy S dan Note, sedangkan Apple memiliki iPhone dengan berbagai variannya.

Persaingan kedua merek ini di wilayah smartphone sudah berlangsung lama. Bahkan mereka pun sempat saling tuntut di meja hijau dan berlangsung sejak tahun 2007 sampai 2018 di berbagai negara (kebanyakan soal paten desain). Tidak jarang pula persaingan mereka menjadi simbol persaingan antara Android dan iOS.

layar galaxy note 10 dan iphone 11 max pro
Samsung Galaxy Note 10 dan iPhone 11 Max Pro