[Preview] Storm Arena – Game MOBA Baru dari NetEase

ada 3v3 dan berbagai mode permainan lain

game moba storm arena

Di saat battle royale menjadi tren, variasi game lain cenderung berkurang. Storm Arena berusaha menjawab hal tersebut sebagai game MOBA yang unik dengan berbagai mode, baik 3v3 atau mode permainan lain.

Sekarang ini, kebanyakan game menggunakan tampilan FPS atau 3rd person shooter. Game baru, terutama MOBA, yang menggunakan tampilan top-down, mulai jarang kita temui. Game seperti ini masih didominasi nama-nama populer, seperti Mobile Legends, Arena of Valor, atau Vainglory, yang berbasis fantasi.

Memang ada beberapa game MOBA alternatif lain (bukan fantasi) yang cukup menarik. Misalnya Brawl Stars (yang tidak kalah populer). Beberapa game lain, seperti Battle Bay, sedikit terpinggirkan. Bahkan game Rumble League sudah mengibarkan bendera putih.

Itu sebabnya Storm Arena bisa menjadi angin segar di sub-genre game MOBA ini.

Gameplay Storm Arena

Perlu saya sebutkan kalau game Storm Arena saat ini masih dalam versi Beta (Early Access) atau boleh disebut sebagai soft-launch di beberapa wilayah. Jadi memang masih belum final, masih banyak perbaikan dan pengembangan yang terjadi.

Sebagai game MOBA, permainan ini memiliki elemen klasik yang biasanya ada. Beberapa pemain akan bertarung di sebuah arena untuk menentukan tim mana yang terbaik. Pada tiap pertempuran juga akan muncul seorang pemain yang menjadi MVP.

Mode Permainan

Game ini menyediakan beberapa pilihan permainan dasar. Ada Ranked Match untuk pertempuran sesungguhnya, ada Missions untuk menyelesaikan misi dan berlatih, dan vs AI untuk melawan komputer (bisa untuk berlatih juga).

pilihan permainan storm arena

Kalau kamu bertempur di Ranked Match, kamu akan mendapatkan skor. Jumlah total skor yang kamu miliki akan menentukan ranking-mu di antara pemain lain (termasuk hero tier level).

Ranked Match sendiri menawarkan beberapa mode permainan. Ada Goal Attack, Turf War, Piece of Eight, Attack on Boss (semi battle royale berbasis koin), dan Bounty Hunter (3v3). Kamu bisa memilih salah satu mode, atau memilih beberapa (bahkan semua) untuk memainkan secara acak.

game mode storm arena

Hero

Seperti game MOBA lain, Storm Arena membagi hero dalam beberapa tipe. Ada Range, Melee, dan Support. Masing-masing tipe juga memiliki berbagai karakter. Misalnya untuk Range, ada Vortex, Octo-Bomber, Tech-Manta, dll.

hero storm arena

Maing-masing karakter juga memiliki beberapa skill berbeda. Kamu bisa memilih sesuai gaya bermainmu. Tentunya, kamu bisa melakukan upgrade untuk tiap skill tersebut.

upgrade senjata hero storm arena

Kontrol

Sama seperti game MOBA atau mobile game lain pada umumnya, Storm Arena memiliki tuas ganda sebagai kontroler. Satu untuk arah gerakan hero dan yang satu lagi untuk arah dan eksekusi serangan. Selain itu, ada tiga tombol lain yang berguna untuk skill atau kemampuan khusus.

kontrol game storm arena

Hands-on Storm Arena

Karena game ini masih dalam tahap Beta atau baru dalam periode soft launch, tentunya belum layak kalau saya memberi pendapat dalam hal kualitas permainan (review). Jadi saya hanya memberi gambaran sekilas saja mengenai permainan ini. Terutama untuk kamu yang belum main, tapi berminat dengan game MOBA.

Kondisi peta (arena) pada umumnya memberi ruang bagi tim untuk menerapkan strategi supaya menang. Misalnya, ada wilayah dengan tanaman air (karena ini pertarungan laut) yang bisa dipakai untuk bersembunyi. Ada pula tembok-tembok yang bisa dipakai untuk menjepit musuh.

Perbedaan skill di tiap hero juga memungkinkan kamu mengekplorasi gaya bermain. Misalnya kalau memakai range hero Tech-Manta, kamu bisa bermain hit ‘n run, sementara temanmu yang memakai hero melee bisa menghantam musuh.

Untuk sementara ini, pertempuran bisa kamu mainkan dengan lancar. Kadang saya merasa gerakan hero sedikit lambat atau berat. Tapi ini mungkin karena kecepatan koneksi yang turun. Namun secara umum, game ini cukup menarik dimainkan.

Game MOBA Storm Arena sudah tersedia di Play Store dan App Store secara gratis (ada IAP). Sekali lagi, harap ingat kalau game ini masih berstatus Early Access. Tapi kalau mau mencoba dan ikut serta memberi masukan, ya silakan saja.

Download (Android)

Download (iOS)


game moba storm arena
Deskripsi
Game
Genre
MOBA
Penerbit
NetEase
Platform