Diskon VPN terbaik: Klik di sini

Rumble League – Game MOBA Tembak-tembakan Kompetitif

Oke, sekarang memang jamannya game battle royale. Tapi kalau kamu masih suka main MOBA, terutama yang tembak-tembakan, kamu boleh coba game Rumble League.

Harus kita akui tren terus berganti. Saat ini game battle royale sangat menjamur dengan berbagai jenisnya. Baik di PC, konsol, maupun di smartphone. Mulai dari PUBG, Fortnite, Apex Legend, Garena Free Fire, dll.

Tapi toh selera tidak bohong. Kalau kamu lebih suka main yang lain, kenapa tidak?

Mungkin sudah ada yang tahu game Rumble League ini. Karena sebenarnya game ini bukan game baru. Tapi untuk yang belum tahu, kami akan membahasnya.

Apa itu Rumble League?

Rumble League adalah game MOBA berbasis pertempuran 5v5 dengan aksi tembak-tembakan untuk smartphone. Artinya, kamu dan 4 pemain lain akan menjadi satu tim melawan tim lain yang juga beranggotakan 5 pemain.

Game ini memiliki banyak karakter β€” disebut superstar β€” yang pada umumnya terbagi menjadi kategori ranged, tank, support dan melee. Masing-masing superstar punya serangan utama (tembakan), sekunder, dan skill ultimate  yang bisa ditingkatkan seiring permainan.

rumble league superstars
Superstar Rumble League

Seperti game lain, ada beberapa mode permainan di sini. Ada Quick Play β€” Main cepat tanpa masuk peringkat, Competitive β€” Pertempuran yang hasilnya masuk peringkat, dan Royale β€” Pertempuran melawan 2 tim lain sampai satu tim tersisa dan tanpa masuk peringkat.

Game ini juga punya beberapa jenis permainan di dalam mode di atas. Ada Control β€” Mempertahankan wilayah dalam waktu tertentu, Payload β€” Mengawal kendaraan ke poin yang ditentukan (atau menahan supaya tidak sampai tujuan), dan Deathmatch β€” Tim mana yang lebih dulu membunuh musuh dalam jumlah tertentu. Masing-masing mode punya beberapa peta sendiri.

rumble league game mode
Mode permainan Rumble League

Bagaimana Bermain Rumble League?

Secara garis besar sih sama saja dengan permainan MOBA lainnya. Kamu pilih superstar, pilih mode permainan, tunggu proses matchmaking, lalu main. Sekedar info, proses matchmaking untuk mode Competitive bisa berjalan cukup lama (saya mengalami sampai 1 menit).

Kontrol permainan juga tidak jauh berbeda dengan game lain. Ada tuas gerak di sebelah kiri, ada tuas bidik dan tembak sebelah kanan, ada tombol serangan sekunder di sebelah kiri tombol tembakan, dan ada tombol skill ultimate di atas tombol tembakan.

Di arena pertempuran, terdapat beberapa box untuk healing atau boost. Selain berguna untuk menyembuhkan atau menambah power,

Ketika kamu memenangkan pertempuran atau menyelesaikan quest harian, kamu bisa menerima koin yang bisa dipakai untuk meningkatkan skill atau membeli superstar. Lalu kalau bermain dengan peringkat, kamu akan menerima sejumlah trofi kalau menang dan kehilangan kalau kalah. Tapi jumlahnya lebih banyak menerima daripada kehilangan.

Game Kompetitif

Game ini memiliki sisi kompetitif yang cukup menarik. Ada beberapa tingkatan level di sini. Mulai dari Iron, Bronze, Silver, Gold, sampai yang paling tinggi Superstar.

Lalu seperti game lain, Rumble League juga memiliki season (musim permainan). Season ini berjalan dalam jangka waktu tertentu.

Rumble League game season info
Info musim permainan

Selain itu, Space Ape Games β€” sebagai pengembang game ini β€” juga mengadakan kompetisi di berbagai wilayah dunia. Salah satunya adalah Rumble League SEA Slam Tournament di Singapura dan Malaysia. Kamu bisa mengintip kompetisinya di akun Instagram @RumbleLeague.

Rumble League Bagus Nggak?

Sejauh yang saya coba sih lumayan seru. Jenis permainannya bervariatif dan ada sisi yang berbeda. Paling tidak kalau dibanding game MOBA klasik atau jenis lain seperti Brawl Stars, Battle Bay, dll.

Dari sisi balancing juga cukup lumayan, walau ada Arashi yang agak terlalu hebat (banyak juga yang mengeluh soal ini). Dari sisi matchmaking, agak umayan, walau kadang bertemu tim yang tidak seimbang. 

Kemudian dari sisi trofi, seperti sudah disebut di atas, masih menjanjikan kemajuan. Jadi walau menang satu kali kalah satu kali, peringkat masih naik. Seiring naiknya peringkat resiko kehilangan trofi kalau kalah akan meningkat.

Oya, butuh koneksi internet yang stabil dan cukup cepat untuk memainkan game ini. Kalau tidak, kecepatan tembak dan bergerak tidak akan bisa mengikuti yang lainnya.

Nah, kalau berminat dengan game MOBA tembak-tembakan ini, silakan menuju Play Store (Android) atau App Store (iOS). Game Rumble League bisa kamu mainkan gratis (ada pembelian dalam aplikasi di dalamnya).

Download (Android)

Download (iOS)

More Stories
Harga dan Spesifikasi ASUS ZenBook UX330UA