Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Produk Bersejarah Selama 10 Tahun Tim Cook Jadi CEO Apple

foto: The Verge
Anom Penulis

10 tahun lalu, pada tanggal 24 Agustus 2011, Tim Cook resmi menjadi CEO Apple menggantikan Steve Jobs. Tentu bukan tugas ringan menggantikan salah satu pendiri Apple yang sering dianggap visioner ini. Tapi di bawah arahan Tim Cook, perusahaan dengan logo “apel kroak” ini memiliki beberapa produk menarik dan bahkan bersejarah.

Di bawah kepemimpinan Tim Cook pula Apple meraih sukses besar secara finansial. Berdasar data dari Statista, saat ini Apple meraih pendapatan dan keuntungan lebih dari tiga kali lipat dibanding ketika ia mulai menjabat.

grafik perbandingan perkembangan apple ketika tim cook jadi ceo

Tapi toh, Apple terkenal bukan janya sebagai salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia saja. Produk-produk Apple — seperti komputer Mac, iPhone, iPad, dll — selalu menjadi pusat perhatian, baik di kalangan pemerhati teknologi maupun masyarakat awam.

Seperti sudah disebut di atas, Steve Jobs terkenal sebagai salah satu tokoh di dunia teknologi yang visioner. Di bawah tangan dinginnya, Apple menghasilkan produk ikonik, seperti iPhone, Macbook Air, iPad, dll.

Bagaimana dengan Tim Cook? Apa saja produk Apple yang menarik di bawah kepemimpinannya sejauh ini?

iPhone 4s

Mungkin iPhone 4s bukan perangkat yang menarik secara spesifik. Pengembangan smartphone ini juga masih di bawah awasan Steve Jobs. Namun, yang membuatnya bersejarah adalah iPhone 4s merupakan produk pertama yang diumumkan di bawah kepemimpinan Tim Cook, dan satu hari setelah pengumumannya, Steve Jobs meninggal dunia.

iPhone 5

iPhone 5 merupakan perangkat pertama yang dikembangkan di bawah kepemimpinan Tim Cook. Ponsel ini memiliki desain baru dan menjadi iPhone pertama yang mulai punya ukuran layar lebih besar.

iPad Pro

iPad Pro (ukuran 12,9 inci) menjadi tablet pertama yang mendukung pena stylus nirkabel Apple Pencil. Sesuatu yang “mengkhianati” perkataan Steve Jobs saat mengumumkan iPhone pertama kali. Model dengan layar 12,9 inci ini juga menjadi iPad pertama dengan layar lebih besar dan memakai RAM LPDDR4.

Baca Juga:  Fitur Tersembunyi iOS 16 Yang Perlu Kamu Tahu

iPhone 6 Plus

iPhone 6 Plus merupakan ponsel pertama Apple sebagai varian dengan layar lebih besar. Steve Jobs berkeras kalau Apple tidak akan mengejar ponsel layar besar. Namun Tim Cook berpendapat bahwa konsumen menginginkannya, dan mereka akan memproduksi ponsel dengan layar lebih besar.

Apple Watch

Pengumuman Apple Watch merupakan momen “one more thing” pertama Tim Cook. Selain itu, smartwatch ini juga merupakan produk pertama Apple dengan kategori baru setelah era Steve Jobs.

iPhone 7 Series

Lini iPhone 7 Series menghasilkan kontroversi karena menjadi smartphone pertama Apple tanpa colokan audio 3,5 mm. Banyak orang nyinyir dengan keputusan ini, namun tren membuktikan hal sebaliknya.

Apple AirPods

Seiring hilangnya colokan audio di iPhone 7 Series, Apple menawarkan Airpods sebagai wireless earphone. Walau kontroversial pada saat perilisan, earphone dengan bluetooth menjadi tren aksesori tersendiri.

iPhone X

iPhone X menjadi smartphone pertama Apple yang menyajikan perubahan desain terbesar sepanjang sejarah lini ponsel itu. Desain ini kemudian menjadi standar iPhone hingga kini. Termasuk notch, fitur Face ID, layar OLED, dan TrueDepth Camera.

Apple Silicon

Apple Silicon mungkin tidak terhitung sebuah produk untuk konsumen. Namun Apple Silicon merupakan chipset berbasis ARM rancangan Apple yang menandai peralihan komputer Mac dari pemakaian prosesor Intel. Chipset ini menjadi satu gebrakan terbesar Apple di bawah kepemimpinan Tim Cook.