Produksi Massal Chipset A15 untuk iPhone 13 Akan Mulai Bulan Mei

Ada kabar baik bagi kamu yang berniat membeli iPhone 13 mendatang. Produksi massal chipset A15 yang dipakai di iPhone 13 akan mulai berjalan pada bulan Mei 2021.

iPhone 13 merupakan generasi smartphone tahun 2021 dari Apple. Lini ponsel ini akan menggunakan chipset rancangan Apple generasi berikutnya, A15. Smartphone ini juga dikabarkan akan memiliki beberapa perubahan signifikan.

Produksi Chipset A15

Kabar ini datang dari DigiTimes. Mereka menyebutkan kalau TSMC yang memproduksi chipset tersebut akan memproduksi chipset A15 lebih cepat dari yang dijadwalkan. Yaitu mulai akhir Mei 2021.

A15 merupakan pengembangan lebih lanjut dari chipset A14 Bionic yang memakai proses 5nm. Seperti kita ketahui, chipset A14 Bionic saat ini merupakan otak dari lini iPhone 12 dan iPad Air.

chipset a14 bionic jadi dasar a15 di iphone 13

Walau memang belum ada lompatan teknologi lebih jauh, pengembangan ini jelas akan lebih baik. Chipset A15 dikatakan akan memberikan performa lebih tinggi dengan efisiensi daya yang lebih paten.

Lalu kabar ini juga jelas bagus dari sisi jadwal bila dibanding tahun lalu. Rilis iPhone 12 di tahun 2020 mengalami kemunduran, yaitu pada bulan Oktober. Hal ini merupakan imbas dari terhambatnya proses produksi akibat pandemi.

Produksi chipset A15 untuk iPhone 13 yang lebih cepat ini menunjukkan kalau hambatan serupa tidak terjadi. Analis Ming-Chi Kuo pun memprediksi ketepatan jadwal produksi iPhone 13 ini.

Selain itu, sehubungan dengan chipset A15, ada pula rumor menyebut kalau Apple juga akan memproduksi sendiri modem di dalam chipset tersebut. Saat ini memang sudah ada berbagai rumor beredar mengenai iPhone terbaru 2021 ini. Mulai dari memiliki layar 120Hz (lanjutan rumor iPhone 12), sampai memiliki notch lebih kecil.

%d blogger menyukai ini: