Rumor: Apple Akan Merilis Modem 5G Sendiri Untuk iPhone di Tahun 2023

Sebuah kabar menarik muncul sehubungan dengan chipset untuk iPhone mendatang. Kabarnya, Apple akan membuat modem 5G sendiri untuk chipset iPhone di tahun 2023.

Ini menarik. Apple memang selalu menjadi pembicaraan panas ketika kita bicara soal chipset. Sampai saat ini, chipset yang ada di iPhone selalu terbukti lebih unggul dari yang ada di ponsel Android. Apple pun menambah kehebohan dengan merilis chipset M1 untuk komputer Mac.

Kelihatannya Apple ingin menambah kemandirian mereka dengan membuat modem. Yah, di samping itu, tentunya Apple ingin meningkatkan daya saing. Bukan hanya dengan merek smartphone lain, bahkan juga dengan produsen chipset lain.

Rumor Modem Apple

Kabar Apple akan membuat modem 5G sendiri untuk iPhone 2023 ini datang dari analis Barclay, Blayne Curtis dan Thomas O’Malley. MacRumors, yang memberitakan hal ini, juga menyebutkan kalau sebelumnya, Mark Sullivan dari Fast Company dan Mark Gurman dari Bloomberg juga mendapatkan bocoran kalau Apple akan membuat modem sendiri untuk iPhone.

infografis chipset iphone a14 bionic

Masih Pakai Modem Snapdragon

Saat ini Apple masih memakai modem buatan Qualcomm. Misalnya modem Snapdragon X55 yang ada di jajaran iPhone 12. Modem ini memang banyak disematkan di berbagai ponsel saat ini.

Menariknya, pada sebuah dokumen kesepakatan di tahun 2019, ada pernyataan bahwa Apple akan memakai modem Snapdragon X60 untuk tahun 2021 dan Snapdragon X65 di 2022.

Pergerakan Apple ke arah yang lebih mandiri ini tentu bisa membuat Qualcomm gerah. Seperti juga Intel yang terusik dengan chipset Apple M1. Tidak saja mereka kehilangan pelanggan, Apple bahkan kemudian menjadi pesaing.

Apple kelihatannya semakin menjadi sesosok titan yang sulit dihentikan pergerakannya di dunia teknologi. Suka tidak suka, hal itu sudak terbukti.

%d blogger menyukai ini: