Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Netflix Rilis Profil Gamer untuk Pengguna

netflix games
Anom Penulis

Setelah sebelumnya melakukan uji coba, Netflix akhirnya merilis fitur profil gamer pengguna. Hal ini menunjukkan kalau Netflix semakin serius menangani sisi sosial pengguna untuk layanan Games miliknya.

Mungkin perilisan fitur profil ini masih belum seberapa jika dibandingkan keputusan Netflix membangun studio game sendiri. Netflix juga mengakuisisi beberapa studio game untuk memenuhi ambisinya.

Bicara soal profil, hampir semua platform game memang memilikinya. Xbox, misalnya, mempopulerkannya dengan istilah gamertag. Steam juga punya. Selain itu kamu juga bisa menemukan profil serupa di Google Play Games dan bahkan di Game Center di perangkat Apple.

Profil Game Netflix

Netflix menyebutkan bahwa dengan profil gamer ini, pengguna bisa membuat username unik untuk publik yang bisa digunakan di semua permainan dalam layanan mereka.

buat profil netflix games

Artinya, pengguna lain bisa melihat username milikmu di daftar peringkat (leaderboard). Selain itu, username ini juga membuka pengguna untuk bisa berkenalan dan mencari teman baru pada game multiplayer.

Netflix menyebutkan kalau cara membuat username profil ini cukup mudah.

  • Masuk ke aplikasi Netflix di smartphone
  • Tergantung ponselmu:
    • Di iOS: Unduh salah satu game, seperti Rival Pirates atau Lucky Luna, yang nantinya akan memintamu membuat profil.
    • Di Android: Pilih tab Game di kotak navigasi dan temukan banner yang menyebut “Create your Netflix game handle.”

Netflix menyebutkan kalau fitur ini masih merupakan tahap awal langkah mereka di dunia game. Mereka terus akan berusaha mengembangkan fitur sesuai kebutuhan pelanggan mereka.

Tantangan Tersendiri

Sejauh ini, usaha Netflix dengan menyediakan game di layanannya masih belum membuahkan hasil nyata. Tidak semua pengguna Netflix memainkan game di layanan tersebut. Lalu, layanan game ini juga belum berhasil menarik minat khalayak umum untuk jadi pelanggan Netflix.

Baca Juga:  10 Rekomendasi Film dan Serial Netflix Terbaik Edisi Bulan Maret 2022

Industri game memang bukan wilayah yang mudah ditaklukkan. Entah itu mobile games atau game AAA di PC dan konsol, semua menghadapi tantangan tersendiri. Apalagi ketika sebuah genre dan permainan menjadi tren. Hampir semua orang memainkannya dan tidak menengok game lain (lihat saja Mobile Legends dan PUBG Mobile).

Kemudian sistem gamertag seperti ini juga tidak selalu sukses di semua platform. Di Xbox dan Steam memang menjadi sisi sosial yang menarik. Tapi apa ada yang melirik profil gamer seperti ini di Google Play Games atau di Game Center Apple?

Kita lihat saja. Apakah strategi Netflix ini bisa meningkatkan gairah para gamer di platformnya.