Mengsedih.. Program NFT Ubisoft Tidak Laku, Pendapatan Cuma $400!

Indri Penulis

Program NFT yang dibikin Ubisoft terbukti tidak laku. Bahkan sampai artikel ini ditulis, pendapatan NFT mereka hanya sekitar $400.

NFT memang ngetren banget akhir-akhir ini. Bahkan saking ngetrennya, nggak sedikit artis atau tokoh publik yang mulai mencoba peruntungan di dunia NFT.

Salah satu artis yang baru-baru ini viral di dunia maya karena masuk ke NFT adalah Syahrini. Artis yang kerap dipanggil ‘Princess Syahrini’ itu berhasil mendebutkan NFT hijab pertama di dunia. Tak hanya itu, Syahrini juga resmi menjadi wanita hijab pertama yang ada di dunia NFT.

Selain kalangan artis, dunia industri game rupanya juga mulai tertarik memanfaatkan peluang NFT. Ubisoft salah satunya contohnya.

Minggu lalu, Ubisoft mengumumkan program NFT mereka yang bernama Quartz. Ghost Recond Breakpoint adalah game pertama yang mereka pakai untuk uji coba sistem.

Kini setelah satu minggu berlalu, tampak hasil yang Ubisoft dapatkan ‘sama sekali’ nggak sesuai dengan ekspektasi mereka. Sebab bukannya laku keras, NFT tersebut justru nggak laku sama sekali.

Berdasarkan keterangan dari Liz Edwards (via Eurogamer) selaku artis senior dari Apex Legends, sampai artikel ini ditulis cuma ada 15 transaksi NFT yang terjadi. Transaksi terakhir tercatat pada tanggal 16 Desember 2021, 6 hari setelah artikel ini saya tulis.

Kalau ditotal dengan uang, program Quartz baru menghasilkan total pendapatan sebanyak $396. Padahal Ubisoft telah mencetak sebanyak 3000 NFT, dan itu artinya sebanyak 99% NFT mereka belum laku (duh mengsedih kalau ini sih).

Sementara itu, pengguna Ghost Recon Breakpoint untuk uji coba sebenarnya cukup mengejutkan banyak gamer. Pasalnya permainan yang fokus pada co-op ini, secara estetika dan desainnya nggak terlalu memiliki potensi untuk dimonetisasi skin.

Di sisi lain, kegagalan program Quartz jelas bakal menimbulkan dampak buruk ke Ubisoft. Apalagi kalau hasilnya nggak mengalami peningkatan drastis.

Berbagai kritikan pedas mungkin juga bakal dilayangkan terus-menerus ke Ubisoft. Ditambah lagi NFT adalah program yang nggak ramah lingkungan, karena dibutuhkan banyak energi untuk menghasilkan satu transaksi.

Hmmm.. Mungkin setelah kejadian ini, perusahaan-perusahaan di industri game bisa lebih mempertimbangkan percobaan NFT. Bagaimana dampaknya terhadap lingkungan, dan juga bagaimana keberhasilan program yang mereka bikin nantinya. Kalau kembali terulang seperti program Quartz, kan sayang banget.

Gimana menurutmu?

    %d blogger menyukai ini: