Bocoran Benchmark Prosesor Samsung Exynos Dengan GPU AMD Radeon

Sebuah bocoran tentang prosesor Samsung Exynos mendatang yang akan memakai GPU AMD Radeon muncul. Wah, seperti apa ini? Pastinya dahsyat ya?

Pada pertengahan tahun 2019, Samsung dan AMD mengumumkan kerja sama untuk mengembangkan GPU perangkat bergerak. Setelah pengumuman itu, belum ada kabar baru terdengar. Sampai sebuah bocoran muncul.

Dari apa yang terdengar, kelihatannya sangat menjanjikan.

Bocoran Samsung Exynos dengan GPU AMD

Chipset Samsung disebut akan memakai GPU dari AMD Radeon yang memakai arsitektur RDNA. Kabarnya, GPU AMD itu akan hadir di chipset Samsung Exynos mendatang yang memakai arsitektur proses 5nm. Boleh dibilang, sebuah lompatan teknologi.

Nah, bocoran ini hadir dari sebuah komunitas di Korea Selatan (muncul di Twitter). Mereka merujuk pada hasil benchmark (uji perbandingan) di GFXBench. Konon, para pengembang chipset ini-lah yang melakukan uji tersebut.

Hasil yang bocor merupakan uji coba Manhattan dan Aztech pada setelan Normal dan High. GPU Samsung AMD ini disebut meraih skor 181.8 frame di uji Manhattan 31, meraih 138,25 frame di Aztech Normal, dan 58 frame di Aztech High.

Mungkin kita tidak paham dengan istilah skor tersebut. Namun sebagai perbandingan, GPU Adreno 650 yang ada di chipset Snapdragon 865 menghasilkan skor 123 frame di Manhattan, 53 frame di Aztech Normal, dan 20 frame di Aztech High.

Artinya, kinerja GPU hasil kembangan Samsung dan AMD ini jauh lebih dahsyat dari chipset paling canggih Snapdragon saat ini.

Versi Exynos dan Rencana Rilis

Komunitas yang membocorkan hasil benchmark ini juga menyebutkan kalau saat ini tim Samsung dan AMD sedang berusaha mengoptimalkan pemakaian daya. Entah bocoran ini benar atau tidak, AMD sendiri pernah menyebut kalau kolaborasi ini tidak akan tersedia sampai tahun 2021. Jadi hasilnya memang masih belum final.

Dugaan sementara menyebut kalau chipset Samsung Exynos 1000-lah yang akan memakai GPU AMD Radeon ini. Di samping itu, Samsung juga sedang mengembangkan chipset Exynos 992 yang diproses dengan arsitektur 7nm yang dioptimalkan. Rumor menyebutkan kalau Exynos 992 ini akan dipasang di Galaxy Note20.

Persaingan smartphone sekarang memang sudah tidak hanya di sisi teknologi fitur. Tapi sudah merambah pada pengembangan chipset. Google pun disebut sedang mengembangkan prosesor untuk Pixel dan Chromebook.

Kalau memang hasilnya tokcer, main game di smartphone pasti lebih seru. Ya kan?

%d blogger menyukai ini: