Inikah Solusi Layar Bezel-less Tanpa Poni?

prototipe doogee mix 4 layar bezel-less tanpa poni

Layar bezel-less akhi-akhir ini menjadi ambisi para produsen smartphone. Berbagai desain dan teknologi dikembangkan agar layar handphone tanpa bingkai bisa jadi kenyataan. Doogee Mix 4 adalah handphone yang menawarkan solusi terbaru layar bezel-less tanpa poni.

Kalau kamu perhatikan, paling tidak ada tiga handphone yang mencoba memberikan layar bezel-less. Samsung Galaxy S8, Xiaomi Mi Mix, dan iPhone X.

Samsung, walau tetap ada bingkai atas bawah, berhasil membuatnya menjadi tipis dengan desain yang tetap keren. Xiaomi Mi Mix, yang menjadi pionir, memindah kamera ke bagian bawah (biasa disebut sebagai “chin” atau dagu). Sedangkan iPhone X menawarkan layar bezel-less dengan takikan di bagian atas, atau yang kita kenal sebagai “notch” atau poni.

Sejauh yang saya pantau, pengguna handphone Android lebih suka dengan desain ala Samsung Galaxy S8. Kami pernah membuat polling di Facebook soal ini. Tapi produsen handphone ternyata banyak yang memilih gaya poni. Misalnya ASUS Zenfone 5 atau Huawei P20 (yang sudah diumumkan).

Pada dasarnya, yang sering jadi masalah untuk layar bezel-less adalah letak kamera depan beserta sensor cahaya dan lampu flash, juga pemindai sidik jari. Beberapa handphone, seperti Samsung Galaxy S8, memasang pemindai sidik jari ke bagian belakang. Namun posisi ini sering dianggap tidak ideal.

Posisi pemindai sidik jari ini kemudian berusaha dipecahkan oleh Synaptics dengan In-Display Fingerprint Scanner. Yaitu pemindai sidik jari yang ada di bawah / dalam layar. Handphone pertama yang menggunakan teknologi ini adalah Vivo X20 Plus UD.

Doogee, sebuah perusahaan dari Cina, berusaha menawarkan solusi untuk letak kamera. Konsep itu ditunjukkan melalui prototipe handphone Doogee Mix 4. Adalah Arun Maini, YouTuber berjuluk MrWhoseTheBoss, yang menunjukkan unboxing prototipe tersebut.

doogee mix 4 slider
Video: Arun Maini (via The Verge)

Layar prototipe Doogee Mix 4 ini merupakan layar geser (slider). Kamera depan terletak di bagian belakang layar geser tersebut. Konsep yang mirip dengan HTC 7 Surround (untuk speaker boom) dan Blackberry Priv (untuk keyboard). Slider itu memungkinkan layar bezel-less tanpa poni hadir cemerlang.

Tidak hanya itu, di dalam layar tersebut juga disebut memiliki teknologi pemindai sidik jari. Terlihat dari ikon sidik jari di layar (yang agak ke atas) dan tidak adanya fingerprint scanner di bagian belakang. Jadi sekali tepuk dua lalat jatuh.

Di sisi lain, ukuran handphone harus dikorbankan. Prototipe Doogee Mix 4 ini lebih tebal dari handphone masa kini.

Selebihnya, belum ada informasi lebih detil atau lebih pasti soal prototipe ini. Termasuk spesifikasi dan kapan akan diumumkan. Nah, pertanyaannya, apakah layar geser ini bisa jadi salah satu solusi jitu untuk layar bezel-less tanpa poni? Bagaimana menurut kalian?

%d blogger menyukai ini: