Begini Cara Kekinian Rayakan Hari Kartini di Rumah Selama COVID-19

Indri Penulis

Selamat Hari Kartini ladies! Tidak bisa rayakan Hari Kartini di luar? Tenang. Kalian bisa coba cara kekinian rayakan Hari Kartini secara online dari rumah berikut ini.

Tanggal 21 April telah ditetapkan sebagai Hari Kartini sejak bertahun-tahun yang lalu. Biasanya, cewek-cewek di sekolah atau kantor bakal memakai kebaya di tanggal itu.

Karena pandemi COVID-19 di Indonesia belum selesai, otomatis kita tidak bisa rayakan Hari Kartini seperti biasanya. Walau begitu, COVID-19 tidak mengurangi antusias cewek buat merayakan hari spesial ini lho.

Kalian bisa coba merayakan Hari Kartini dari rumah. Caranya? Tentu lewat media sosial. Tapi apa yang seru buat merayakan Hari Kartini secara online? Yuk kita lihat.

Cara Kekinian Rayakan Hari Kartini

Upload Foto Pakai Kebaya

Wah, kalau ini sudah tradisi turun-temurun ya. Hehe. Memang setiap Hari Kartini, cewek-cewek kebanyakan bakal upload foto pakai kebaya di media sosial mereka. Baik itu kebaya pas kartinian, atau pakai kebaya pas acara kondangan.

Nah, supaya tahun ini beda dari tahun lalu, kalian mungkin bisa coba kombinasikan kebaya dengan bahan lain. Yah, supaya terlihat lebih modern dan kekinian.

View this post on Instagram

Inspired from @sdewiirahma dari dulu tuh aku tipe orang yang selalu pengen setiap momen di hidupku tuh jadi istimewa. jadi aku selalu bisa dibilang 'well prepared' bgt buat setiap momennya. apalagi di momen-momen yg sekali seumur hidup kaya wisuda sarjana gini. aku pengen setiap momen yg sekali seumur hidup gini tu aku jd yg antimainstream haha. kata siapa kalo wisuda harus pake baju kebaya pake jarit yg formal bgt gtu? aku gamau! haha. aku pengen jadi beda dari orang-orang lainnya, biar lebih simpel tapi bisa tetep cantik? dari awal banget aku emang udah punya desain sendiri buat baju wisudaku, meskipun belum tau kapan wisudanya pas itu haha (and almost all of my clothes for every occasions, include clothes for 'kondangan' too, designed by my self. maaf anaknya emg suka selalu tampil beda jadi sering bikin baju??‍♀️).

A post shared by inspirasi kebaya (@kebayareferensi) on

Kalau bingung, kalian bisa coba aplikasi fashion. Di sana kalian bisa cari inspirasi kebaya buat OOTD Hari Kartini. Oya, kalian juga bisa cari inspirasi lewat Instagam lho. Sekarang banyak akun Instagram yang khusus memberi inspirasi kebaya.

Buat Video Makeup

Selain memakai kebaya, di hari spesial ini cewek-cewek biasanya bakal dandan secantik mungkin. Ada yang pake sanggul, ada yang memoles wajahnya dengan makeup, dll.

Nah karena sekarang keadaannya tidak memungkinkan, kenapa kalian tidak coba buat video makeup saja? Contohnya video makeup ala ‘before-after’ lengkap dengan memakai kebaya, atau video tutorial makeup.

Oya, kalian juga bisa ajak teman cewek lainnya buat coba challengePass The Brush.’ Itu lho, challenge TikTok yang sedang viral baru-baru ini. Dijamin Hari Kartini tahun ini bakal lebih seru dan kekinian.

Buat Video Masak

Hari Kartini tidak selalu identik dengan dandan dan memakai kebaya. Hari spesial ini bisa juga kalian isi dengan memasak makanan lezat untuk keluarga.

@jedayoh

Sefruit tutorial dalgoblok eh dalgona coffee :(( #dalgona #dalgonacoffe #quarantine #foryourpage #fyp

♬ original sound – Jedayoh – Jedayoh

Kalian bisa rekam aktivitas memasak seperti biasa, kemudian unggah video itu ke media sosial atau YouTube. Oya kalau mau lebih keren, kalian bisa coba buat video masak dari TikTok. Yah, supaya lebih kekinian.

Buat Video Cover Dance

Cara ini cocok banget buat kalian yang punya nyali besar. Cover dance biasanya identik dengan anak-anak K-POP. Biasanya mereka bakal meng-cover dance practice grup K-POP idolanya, terus diunggah ke media sosial atau YouTube.

Kalian bisa juga lho coba tips ini. Bisa coba cover lagu-lagu yang gampang dan viral deh. Contohnya lagu Ddu Ddu Ddu dan Kill This Love milik BLACKPINK, atau lagu lain yang menurut kalian mudah dipraktikkan.

Bikin Template Hari Kartini

Supaya lebih berkesan, kalian bisa coba buat template ucapan selamat Hari Kartini. Apalagi sekarang ini ada banyak aplikasi desain template yang bisa kalian coba. Salah satu contohnya Canva.

Setelah template jadi, kalian bisa unggah template itu ke media sosial. Kalau bikin template sendiri, dijamin hasilnya bakal lebih unik dan keren.

    %d blogger menyukai ini: