Razer Phone 2 Tertunda Tanggal Rilisnya

razer phone gaming
Foto: Razer

Razer Phone merupakan handphone game pertama yang menarik perhatian dalam beberapa tahun terakhir ini. Rumor menyebutkan kalau generasi selanjutnya — untuk sementara kita sebut Razer Phone 2 — akan hadir akhir tahun ini.

Saat Razer merilis handphone game-nya yang pertama, handphone itu memiliki spesifikasi yang terhitung tinggi di jamannya. Chipset mutakhir, baterai besar, speaker di depan, dan layar dengan refresh rate tinggi. Bahkan, dengan 120 Hz UltraMotion™, refresh rate layar Razer Phone masih terhitung sebagai yang paling tinggi saat ini.

Saat ini sebuah acara tahunan produk-produk game, ChinaJoy 2018, sedang berlangsung di Cina. Melalui sebuah wawancara di acara itu, Chen Xiaoping (Vice-president Razer Global) menyebutkan kalau Razer Phone 2 rencananya akan dirilis pada kuartal keempat tahun ini untuk pangsa pasar di Cina. Namun sayangnya rencana itu harus tertunda.

Ia menyebutkan kalau Razer Phone 2 akan menggunakan chipset terbaru dari Qualcomm. Mengingat Snapdragon 845 diumumkan pada bulan Desember 2017, sangat mungkin kalau Razer menunggu kehadiran chipset terbaru, Snapdragon 855.

Chipset Snapdragon 855 sendiri disebut akan memakai proses 7nm dan menggunakan modem X50 yang siap untuk koneksi 5G. Sesuai tradisi yang sudah-sudah, chipset ini kemungkinan akan diumumkan mendekati akhir tahun ini.

penampilan handphone razer

Razer Phone

Sebagai handphone game, Razer Phone sebenarnya cukup “biasa”. Tidak banyak fitur khusus yang benar-benar khas gaming. Apalagi kalau melihat ASUS ROG Phone.

Pepatah mengatakan kalau “rumput tetangga selalu lebih hijau”. Saat ini, kondisinya memang seperti itu untuk Razer. ASUS ROG Phone dengan segala keunikannya memberi definisi baru handphone game dan melesat ke depan. Ia membabat semua tawaran dari berbagai handphone game lain.

Niche handphone game memang sedang diuji potensinya. Namun sebagai handphone khusus, Razer jelas harus mempertimbangkan fitur ASUS ROG Phone sebagai sesuatu yang harus dikalahkan. Entah dengan spesifikasi lebih, atau dengan konfigurasi yang lebih optimal.

Salah satu peluang Razer ada di sisi desain. Seperti kita lihat dari Razer Phone dan laptop Razer Blade, desain produk Razer lebih minimalis dan modern. Tidak futuristik dan rumit seperti ROG. Tugas Razer adalah memberi fitur lebih di desain minimalis tersebut. Kalau berhasil, bukan tidak mungkin Razer Phone 2 menjadi silent hit. Diam-diam mematikan.

Ada komentar?