Diskon VPN terbaik: Klik di sini

Realme Kembangkan Sistem Android Sendiri

tunggu kehadiran RealmeOS

Realme merupakan salah satu merk smartphone yang kepopulerannya cepat menanjak akhir-akhir ini. Yang menarik, Realme disebut sedang mengembangkan skin atau sistem Android mereka sendiri.

Biasanya, berbagai merk smartphone Android memang memiliki skin atau sistem mereka sendiri. Seperti Samsung dengan OneUI, ASUS dengan ZenUI, Huawei dengan EMUI, OPPO dengan ColorOS, dll.

Di sisi lain, ada yang memakai stock Android atau Android murni, seperti pada program Android One. Selain itu ada pula yang mendekati stock Android, seperti di Motorola atau Zenfone Max Pro M1 dan M2.

Realme memulai langkahnya sebagai sub-brand dari OPPO. Dengan begitu, handphone mereka menggunakan ColorOS seperti yang ada di handphone OPPO.

realme 3 dengan skin android color os
realme 3 dengan ColorOS (gambar: Republic World)

Dalam perkembangan selanjutnya, Realme mengumumkan diri sebagai merk yang independen. Kelihatannya pengembangan skin atau sistem Android sendiri oleh Realme merupakan salah satu perwujudan hal tersebut.

CEO Realme, Madhav Sheth, memberi konfirmasi hal itu pada situs berita India Today dalam Camera Innovation Event di India. Madhav Sheth menyebutkan kalau RealmeOS memang benar dikembangkan dan akan segera hadir.

Sebelum ini rumor dan spekulasi soal RealmeOS memang sudah terdengar.

Beberapa waktu lalu, Madhav Sheth juga mengumumkan Mystery Project di Twitter.Β  Projek itu mengumpulkan pengguna realme 3 Pro untuk melakukan tes pada sebuah program yang belum dirilis.

Lalu, Realme juga sudah mendaftarkan nama RealmeOS sebagai merek dagang di Inggris. Suatu hal yang semakin memastikan kehadirannya.

Sejauh ini, skin Android Realme ini memang masih belum ketahuan bentuknya. Bisa seperti ColorOS dari OPPO, bisa juga mendekati stock Android seperti OxygenOS di OnePlus.

Selain itu, kelihatannya kehadirannya juga akan masih menunggu Android Q resmi dirilis. Tentunya, juga menunggu smartphone realme terbaru.

Kalau memang benar, apa yang kamu harapkan dari RealmeOS?

More Stories
Xiaomi Akan Bawa Android Q Versi Akhir ke 13 Ponsel Miliknya