Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

7 Fitur ZenUI Favorit di ASUS ZenFone 5Z

fitur zenui zenimoji
Anom Penulis

ZenUI adalah tampilan antar-muka Android buatan ASUS. Sebagai blog yang kerap mengulas soal ZenFone, tidak salah kiranya kalau kami memilih beberapa fitur ZenUI favorit kami.

Walau secara resmi disebut sebagai tampilan antar-muka Android (front-end touch interface), ZenUI lebih dari itu. Di dalamnya terdapat berbagai fitur dan aplikasi yang membentuk sebuah sistem di atas sistem operasi Android. Sistem ini memungkinkan kamu mendapat fitur unik pada handphone ASUS yang kamu punya.

popculture.id

Tentu saja handphone satu dengan yang lain bisa memiliki fitur berbeda. Karena spesifikasi perangkat kerasnya berbeda pula. ASUS ZenFone 5Z yang merupakan handphone canggih akan berbeda dengan ASUS ZenFone Live L1 yang merupakan handphone ekonomis.

Jadi, fitur ZenUI apa yang jadi favorit kami?

1. Personalisasi Layar Utama

home screen zenui

Kamu bisa memilih wallpaper (baik untuk layar utama maupun layar penguncian) dan mengatur efek untuk masing-masing wallpaper (misalnya di layar penguncian pakai efek kabur, di layar utama tidak). Tentunya, kamu juga bisa memilih dengan tema yang mengubah tampilan baik wallpaper, ikon, dll. Yang seru, kamu bisa menggunakan paket ikon dari Play Store.

2. Pengaturan Tampilan Layar

setelan tampilan zenui

Untuk pengaturan layar pun kamu mendapat banyak pilihan. Kamu bisa memilih menutup takik atau membiarkannya saja. Kamu bisa memilih menyembunyikan, mengatur tombol, dan menggunakan gestur di bilah navigasi. Kamu juga bisa memilih mode warna, ingin warna lebih keluar (kisaran warna lebar) atau standar saja.

3. Game Genie

game genie zenui

Game Genie adalah aplikasi yang akan membantu kamu agar lebih nyaman main game. Aplikasi ini memiliki beberapa fitur, seperti mengoptimalkan kondisi handphone, merekam layar, tampilan langsung (live), macro (merekam tindakan), mode kunci dan mode tidak ada pemberitahuan.

Memang, cara termudah supaya tidak terganggu saat main game adalah mematikan notifikasi dengan mode jangan ganggu (don’t disturb). Tapi Game Genie dari ZenUI menambah bantuan lain, yaitu mode kunci. Mode ini akan menghilangkan tombol di bilah navigasi, sehingga kamu tidak perlu takut tidak sengaja menekannya. Malas kan, lagi seru main tiba-tiba pindah ke layar utama?

4. Tampilan Antar-muka dan Fitur Kamera

Tampilan antar-muka aplikasi kamera ZenUI menyenangkan. Fitur-fitur penting mudah dijangkau. Misalnya mengubah fungsi HDR, mengubah rasio ukuran foto (16:9, 4:3, 1:1, dll), dan mode potret, bisa langsung diakses dengan cepat. Pada beberapa aplikasi lain (misalnya bawaan Android murni) pemilihan rasio ukuran harus melalui halaman setelan. Lalu kamu juga bisa melihat informasi foto di layar (kualitas, kamera, dan fitur pengenalan obyek AI).

Lalu, fitur foto fan video di aplikasi kamera ZenUI juga beragam (apalagi ini ASUS ZenFone 5Z). Ada pengindahan (beautification), Pro (kamera manual), resolusi super (49 MP!), GIF (animasi), panorama, gerak lambat (slo-mo), waktu berlalu (time-lapse), dan Google Lens. Kamu bisa memilih untuk menyematkan salah satu fitur tersebut di dekat tombol kamera untuk akses cepat.

tampilan kamera zenui zenfone 5z

5. Trik Notifikasi dan Setelan Cepat

Sedikit catatan soal notch/takik, kamu bisa melihat notifikasi aplikasi dengan menekan bilah status. Nanti baris kedua akan muncul di bawah ikon status tetap. Ini berbeda dengan sistem Android murni yang ada di ASUS Zenfone Max Pro M2.

Untuk Setelan Cepat (Quick Setting) ada hal menarik. Kalau kamu menggeser ke bawah dari tengah layar atau dari sudut kiri atas (tempat ikon seluler), Setelan Cepat akan muncul dalam bentuk ringkas (pendek). Sementara kalau kamu geser dari sudut kanan (ikon baterai), Setelan Cepat akan muncul dalam versi panjang, menampilkan tombol setelan lebih banyak.

notifikasi dan setelan cepat zenui

Lalu, kamu juga bisa menyematkan beberapa fitur khas ZenUI — seperti Pembersihan Memori, Tangkapan Layar (screenshot), Penghemar Data, dll — di Setelan Cepat. Ini akan memudahkan akses.

6. Membuka aplikasi Ganda

Ingin menggunakan dua aplikasi WhatsApp? Ingin main game dengan dua akun berbeda? ZenUI memberi solusi mudah.

Di ZenUI ada fitur dengan nama Twin App. Fitur ini akan membuat duplikat aplikasi sehingga kamu bisa masuk dengan akun berbeda secara terpisah. Aplikasi duplikat ini nanti juga akan muncul di daftar aplikasi.

duplikat aplikasi zenui

7. Melihat Notifikasi di Layar Penguncian Dengan Wajah

Saya selalu memilih ‘Menyembunyikan konten notifikasi yang sensitif’, sehingga ketika orang lain melihat handphone, tidak bisa membaca notifikasi di layar penguncian. Sisi buruknya, saya harus masuk ke layar utama untuk melihat notifikasi tersebut.

Nah, ZenUI memiliki fitur pengenalan wajah yang menarik. Kita bisa mengatur agar notifikasi bisa terbuka di layar penguncian, kalau handphone mengenali wajah kita. Jadi hanya dengan mengangkat handphone kita bisa tahu ada notifikasi penting atau tidak dan relatif tetap aman.

lihat notifikasi dengan wajah

    %d blogger menyukai ini: