realme Kembangkan Smartphone dengan Kamera 108MP

realme x2 pro

Untuk kamu fans realme, ada sedikit kabar gembira. Setelah merilis ponsel dengan sensor kamera 48MP dan 64MP, realme juga akan meluncurkan smartphone dengan kamera 108MP.

Tahun 2019 menjadi saksi persaingan mega pixel di sensor kamera smartphone. Mulai dari kamera dengan kemampuan 48MP, 64MP, sampai 108MP hadir susul menyusul. Bahkan mungkin sampai kita bingung mau memilih yang mana.

Paling tidak, ada dua merek ponsel yang bersaing ketat di ranah ini. Kedua merek yang bersaing itu adalah Xiaomi dan realme. Saat ini, Xiaomi berada selangkah di depan dengan merilis Mi Note 10 dengan kamera 108MP hasil kerja samanya dengan Samsung.

Dalam sebuah wawancara dengan The Mobile Indian, Madhav Sheth, CEO realme India, menyatakan kalau mereka juga sedang mengembangkan ponsel realme dengan sensor kamera 108MP. Namun sayangnya, tidak ada detil informasi lain mengenai ponsel tersebut. Ia bahkan menyebut juga kalau “perang mega pixel” ini kurang menguntungkan konsumen.

wawancara madhav sheth

Yah, bisa dimaklumi. Sejauh ini, selain ukuran sensor kamera yang semakin besar, fitur yang ada di berbagai ponsel itu tidak terlalu jauh berbeda. Di sisi lain, tidak sedikit ponsel yang “masih berpiksel kecil” masih memiliki kualitas foto di atas rata-rata.

Lihat saja ponsel flagship saat ini. Ukuran sensor kameranya tidak sebesar itu. Namun mereka masih unggul di sistem pengolah gambar. Google Pixel menjadi salah satu contohnya. Bahkan Samsung sendiri baru dirumorkan akan memakai sensor 108MP di ponsel Galaxy S11 mendatang.

Yang tidak kalah menarik dari pernyataan di atas adalah rencana realme untuk meluncurkan beberapa produk lain di luar smartphone. Salah satunya adalah produk IoT (internet of things) di India. Madhav menyatakan kalau realme akan berkembang menjadi brand gaya hidup, bukan sekedar merek ponsel.

Tentunya akan menarik melihat produk realme lain. Saat ini, di Indonesia, realme juga sudah menjual aksesori seperti realme Buds dan Buds Wireless (yang memang keren). Pasti menarik melihat produk mana yang sampai Indonesia.

%d blogger menyukai ini: