[UPDATE] Samsung Galaxy S11 – Rumor Spesifikasi, Desain, dan Rilis

Beberapa bulan lagi smartphone unggulan terbaru dari Samsung akan hadir. Berbagai rumor tentang Samsung Galaxy S11 pun sudah mulai beredar, baik soal penampilan desain dan spesifikasi.

UPDATE: #1, #2, #3, #4, #5, #6, #7

Rumor dan bocoran memang lazim hadir menjelang pengumuman ponsel baru. Apalagi akhir-akhir ini. Misalnya saja Google Pixel 4 yang mendapat julukan “the most leaked phone“.

Smartphone Samsung Galaxy pun begitu. Terutama yang berhubungan dengan seri S dan Note. Tidak heran, keduanya adalah ponsel unggulan yang kerap jadi trendsetter.

Rumor Samsung Galaxy S11 yang beredar cukup menarik, walau ada pula yang cukup standar (masih sama seperti seri sebelumnya). Lalu apa saja rumor tersebut?

Varian Model

Evan Blass (@evleaks) menyebutkan kalau seri Galasy S11 akan memiliki 3 model. Kemungkinan sama seperti S10, yaitu varian S11e, S11, dan S11 Plus. Ketiga varian ini dirumorkan memiliki perbedaan ukuran layar. Model yang lebih kecil akan memiliki layar berukuran sekitar 6,2 atau 6,4 inci, sedangkan yang lebih besar akan berukuran sekitar 6,7 atau 6,9 inci.

Rumor juga menyebutkan kalau kemungkinan seri S11 akan memiliki rasio dimensi layar yang lebih tinggi (20:9) dari sebelumnya. Lalu, versi yang kecil, S11e, akan memiliki layar melengkung, tidak datar seperti S10e.

Mendukung Jaringan 5G

Seiring berkembangnya jaringan 5G yang akan menjadi standar baru, Samsung Galaxy S11 juga dirumorkan memiliki dukungan akan jaringan tersebut. Untuk Galaxy S11+, jaringan 5G sudah akan menjadi standar, sedangkan untuk Galaxy S11 dan S11e akan dirilis dengan dukungan LTE dan 5G.

Ini berbeda dengan seri sebelumnya yang memiliki edisi khusus Samsung Galaxy S10 5G. Kelihatannya peralihan teknologi mulai menjadi umum.

Kamera dengan Sensor 108MP

Rumor Samsung Galaxy S11 yang paling menarik mungkin berhubungan dengan sensor kamera 108MP. Kita tahu kalau Samsung memiliki sensor kamera ISOCELL Bright HMX 108MP yang dipakai di ponsel Xiaomi Mi CC9 Pro atau Mi Note 10.

Rumor menyebutkan kalau Samsung akan memakai generasi kedua sensor tersebut di seri S11. Selain itu ada pula dugaan Samsung akan menerapkan teknologi zoom 5x yang sudah didaftarkan dengan nama “Space Zoom“.

Tanggal Pengumuman

Smartphone Samsung Galaxy seri S biasanya diumumkan di awal tahun. Sedangkan seri Note hadir di pertengahan tahun. Rumor menyebutkan kalau Samsung Galaxy S11 akan diumumkan sekitar pertengahan atau akhir bulan Februari 2020.

UPDATE Bocoran Samsung Galaxy S11

#1 Gambar Render

Yang menarik, dua leaker terkenal, Ice Universe dan Ben Geskin, sama-sama mengunggah gambar render di Twitter berdasar bocoran informasi yang mereka dapatkan. Gambar render tersebut pun serupa, sama-sama menunjukkan lubang kamera di layar seperti Note 10.

Gambar perkiraan S11 (sumber: Ben Geskin)

#2 Aplikasi Samsung Camera

Dari hasil pembongkaran APK aplikasi Samsung Camera di OneUI 2.0 beta 4, XDA Developers menemukan informasi menarik. Informasi di dalam aplikasi tersebut menunjukkan pengaturan untuk rekaman video 8K, kualitas gambar 108MP, dan rasio layar 20:9.

Untuk bisa merekam video 8K, sensor kamera harus bisa menangkap gambar sebesar 33.177.600 pixel, yang belum mampu diambil oleh seri Galaxy S10. Lalu, untuk memproses video sebesar itu juga dibutuhkan kemampuan prosesor yang tinggi. Jadi sebuah ponsel high-end.

#3 Spesifikasi Layar 120Hz

Dalam versi beta OneUI 2.0 untuk Galaxy Note9 ditemukan setelan untuk pilihan refresh rate layar 60Hz dan 120Hz. Ice Universe mengunggah gambar setelan dalam bahasa Korea di Twitter. Namun, ada pengguna lain yang kemudian membalas dengan versi Bahasa Inggris.

bocoran setelan layar 120hz samsung

#4 Sertifikasi Fast Charging 25W dan 5G

Terdapat produk baru Samsung yang terdaftar dalam sertifikasi badan CCC di Cina. Daftar itu menunjukkan perangkat smartphone  dengan nomor model SM-G9860. Perangkat itu mendukung 5G dan memiliki kemampuan pengisian daya cepat 25W.

sertifikasi ccc samsung galaxy s11

#5 Gambar Render Lebih Detil

@onLeaks dan 91mobiles kembali bekerjasama membuat gambar render Samsung Galaxy S11. Di gambar model ini, kita bisa melihat perkiraan penampilan ponsel ini secara lebih utuh.

Bagian depannya senada dengan apa yang sudah diunggal oleh Ice Universe dan Ben Geskin. Sedangkan untuk bagian belakang, kita bisa melihat posisi kamera yang menyerupai iPhone 11 dengan 5 kamera di sana. Termasuk yang diduga memakai sensor 108MP.

#6 Gambar Render Galaxy S11e

@onLeaks juga bekerja sama dengan Pricebaba untuk membuat gambar render perkiraan varian Galaxy S11e. Ponsel ini memiliki desain yang serupa dengan varian lainnya. Namun terlihat perbedaan di konfigurasi kamera yang menunjukkan tiga kamera belakang.

render galaxy s11 e

gambar render galaxy s11 e

#7 Galaxy S11 5G Memakai Exynos 990

Benchmark terbaru dari Geekbench menunjukkan ponsel dengan model seri SM-G986B yang diduga menjadi versi 5G Galaxy S11. Informasi yang ada menunjukkan model tersebut memiliki spesifikasi chipset Exynos 990 dan memiliki RAM 12GB. Hal ini memancing rumor kalau Samsung Galaxy S11 akan menggunakan RAM 12GB sebagai standar.

benchmark galaxy s11 5g geekbench