Resmi Dihentikan, Inilah Berbagai Fakta Tentang Windows 7

Microsoft telah resmi memberhentikan Windows 7. Untuk mengenangnya, inilah berbagai fakta tentang Windows 7 yang perlu kalian ketahui.

Windows 7 tentu tidak asing dengan kita ya. Apalagi sistem operasi besutan Microsoft dulu sempat digunakan mayoritas pengguna komputer di Indonesia.

OS sejuta umat ini telah menemani penggguna komputer selama bertahun-tahun. Sayangnya, kiprah Windows 7 dalam dunia teknologi telah dihentikan oleh Microsoft.

Microsoft telah secara resmi menghentikan dukungan pada Windows 7. Hal tersebut dilakukan perusahaan pada tanggal 14 Januari 2020.

Tentu ini adalah kabar menyedihkan untuk pecinta Windows 7. Nah, untuk mengenang Window 7, kali ini saya akan berbagi fakta menarik seputar Windows 7.

Sumber Gambar : Sabay News

Fakta Menarik tentang Windows 7

Lahirnya Windows 7

Windows 7 diciptakan pada tahun 2009. OS ini diluncurkan untuk menggantikan Windows Vista yang dicap sebagai produk gagal.

Beberapa tahun kemudian, Microsoft meluncurkan Windows 8. Sayangnya, OS ini kurang disukai masyarakat. Ending-nya, masyarakat masih enggan beranjak dari Windows 7.

Windows Vista dikenal memiliki kinerja sangat lambat. Hal ini berhasil diatasi Windows 7, di mana OS ini mempunyai performa yang lebih cepat, tampilan lebih modern dan user friendly.

Sementara untuk Windows 8, OS ini terlihat lebih modern tapi kurang user friendly. Contohnya, tampilan Start menu full screen yang mengganggu saat dipakai di laptop.

Windows 7 seolah terjepit diantara dua inkarnasi OS yang dianggap gagal. Maka tidak heran jika Windows 7 benar-benar populer.

OS Terlaris Sepanjang Masa

Enam bulan setelah rilis, Windows 7 telah melampaui angkat 90 juta dalam hal penjualan. Microsoft sendiri mengklaim Windows 7 adalah OS mereka yang paling cepat terjual.

Pada Agustus 2010, atau 10 bulan setelah rilisnya Windows 7, penjualan OS ini resmi melampai Windows Vista. Kemudian Oktober 2011 (2 tahun rilis). Windows 7 mengalahkan penjualan Windows XP secara global.

Lalu bagaimana perbandingan Windows 7 dengan 10? Windows 7 hanya butuh waktu 2 tahun untuk memecahkan rekor pendahulunya. Sementara Windows 10 butuh dua setengah tahun untuk mematahkan Windows 7.

Itu artinya, Rekor penjualan OS tercepat masih dipegang oleh Windows 7. Tapi tidak menutup kemungkinan, penerus Windows 10 kedepan akan bisa memecahkan rekor Windows 7.

OS yang Mendominasi

Windows 7 SP2 diluncurkan sekitar pertengahan tahun 2012. Waktu tersebut rupanya berdekatan dengan peluncuran OS baru, yakni Windows 8.

Meski acara peluncuran Windows 8 terlihat meriah, tapi penggemar OS ini tidak cukup banyak. Orang-orang justru lebih tertarik dengan Windows SP2.

Itu artinya, masyarakat seolah tidak ingin meninggalkan Windows 7. Hal ini dibuktikan ketika bulan pertama Windows 8 rilis. Penjualan OS ini lima kali lebih lambat dibanding Windows 7.

Sempat Akan Dihentikan

Pada akhir tahun 2013, Windows 7 masih tumbuh. Bahkan terkadang OS ini tumbuh lebih cepat dibanding Windows 8.

Lalu memasuki tahun 2014, Microsoft menggemparkan pengguna Windows 7. Pasalnya perusahaan akan mengakhiri semua penjualan PC yang menjalankan Windows 7 pada Oktober 2014.

Uniknya, hal ini tidak jadi dilakukan karena tingginya permintaan pebisnis terhadap Windows 7 Pro. Akhirnya penjualan perangkat Windows 7 tidak dibatasi sampai tahun 2016.

2016 Popularitas Mulai Meredup

Memasuki tahun 2016, sepertinya ini adalah akhir dari kepopuleran Windows 7. Sebab di tahun itu, penerusnya yakni Windows 10 telah resmi diluncurkan.

Windows 10 hadir dengan tampilan yang mengadopsi Windows 8. Walau mirip, tapi ada banyak nilai positif yang dihadirkan oleh Windows 10.

Hadirnya Windows 10 berhasil memperkuat Microsoft. Pengguna komputer berbondong-bondong menggunakan OS ini dan mulai meninggalkan Windows 7.

Selain itu, perangkat komputer terbaru juga mulai menggunakan Windows 10. Inilah yang menyebabkan pengguna Windows 7 semakin berkurang.