Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Review ASUS Zenbook 14X OLED Space Edition: Berasa Jadi Kosmonot

asus vivobook 14x oled space edition

Saya sudah menggunakan ASUS Zenbook 14X OLED Space Edition hampir satu bulan. Saya gunakan untuk keperluan pekerjaan dan bisnis, mulai membuat rencana, presentasi, managemen tim hingga mengajar.

Setelah penggunaan yang cukup intens, inilah review ASUS Zenbook 14X OLED Space Edition, sebuah karya untuk memperingati 25 tahun pertama kalinya laptop ASUS mengangkasa.

Desain

Secara desain, laptop ini hampir sama dengan varian ASUS Zenbook 14X OLED biasa. Meskipun begitu, ada beberapa desain pembeda yang membuat Zenbook Space Edition ini lebih terlihat berkelas.

Pembeda pertama, dan yang paling mencolok, laptop ini memiliki ZenVision, sebuah layar mungil yang diletakkan di bagian depan.

foto zenvision, layar di tutup asus zenbook 14x oled space edition

Fungsinya dari layar kecil ini untuk menampilkan animasi gambar dan tulisan yang bisa dikustomisasi melalui aplikasi MyASUS.

  • Tip: Untuk mengubah konten yang ada di ZenVision, pilih aplikasi MyASUS -> Customization -> Exclusives.

Ada tiga pilihan, Animations, Text Mode, dan Personal Information. Untuk kustom teks, silakan pilih Personal Information.

Terus buat apa fungsi ZenVision itu? Sekilas sih hanya sebagai gimmick. Tapi menurut Saya, ZenVision bisa menjadi media marketing offline. Bayangkan kalian sedang bekerja di co-working space dan ZenVision kalian menyala dengan tulisan “Digital Marketing Expert. Hire Me!”

Pembeda selanjutnya yaitu warna titanium dengan hiasan ala-ala luar angkasa. Desain ini membuat kesan yang berkelas dan eksklusif. Terlebih lagi, ASUS membuat laptop ini secara terbatas, dan mungkin tidak akan pernah ada lagi untuk edisi yang bertema luar angkasa ini.

Laptop ini terbuat dari magnesium alloy dan sudah teruji di US Space Systems Command Standard SMC-S-016A untuk misi luar angkasa dan uji ketahanan MIL-STD 810H. Sungguh extraordinary sekali ya!

Bagaimana dengan berat laptopnya? Meskipun tidak yang paling ringan di kelasnya, namun ASUS Zenbook 14X OLED Space Edition ini memiliki bobot yang cukup ringan, yaitu 1.4kg saja. Masih cukup nyaman untuk dibawa kerja ke mana saja.


ZenVision bisa menjadi media marketing offline


Layar

Laptop ini memberikan resolusi layar 3840×2400 dan sudah menggunakan teknologi OLED. Sudah barang tentu sangat memanjakan mata. Buat nonton Netflix atau YouTube dengan resolusi 4K tentu tidak menjadi masalah. Film terlihat sangat cerah dan detil.

Zenbook Space Edition ini juga sudah memiliki sertifikasi PANTONE Validated, jadi buat kalian para konten kreator, tidak perlu khawatir ketika menggunakan laptop ini untuk editing foto atau video, bahkan untuk kalian yang sudah profesional.

Selain itu, laptop ini juga memiliki sertifikasi DisplayHDR 500, yang bisa menampilkan konten-konten HDR dengan lebih baik.

ASUS Zenbook ini juga membawa sertifikasi layar biru agar mata pengguna lebih aman dan nyaman meskipun digunakan dalam waktu yang relatif lama.

Baca Juga:  ASUS Zenbook 14X OLED (UM5401): Laptop Ryzen 9 Super Tipis

Selain dari sisi hardware, ASUS memberikan pengaturan software yang disebut ASUS OLED Care. Di sana dapat ditemukan beberapa pengaturan seperti Pixel Refresh, Pixel Shift, Automatically Hide Windows Taskbar in Desktop Mode dan Windows Taskbar Transparency Effect.

Oh hampir terlupa! laptop ini sudah touch screen, jadi akan lebih enak saat kita membutuhkan kecepatan untuk mengakses perintah-perintah tertentu. Meskipun ya harus sering-sering membersihkan layar biar gak kelihatan jorok aja sih.

Webcam dan Microphone

Biasanya, jarang sekali saya mengulas soal webcam dan microphone sebuah laptop, karena biasa banget. Tapi di ASUS Zenbook 14X OLED Space Edition ini berbeda, terlebih di microphone.

Webcam laptop ini memiliki kualitas 720p, cukup untuk kebutuhan meeting online.

Untuk microphone, ASUS memberikan fitur AI Noise Canceling, ini yang saya suka. Fitur ini bisa membuat suara bising di sekitar nyaris tidak terdengar.

Tentu ini sangat berguna buat kalian yang hobi bekerja di tempat-tempat umum seperti cafe. Klien atau rekan kantor tidak akan mendengar suara berisik dari tempat kita bekerja.

Audio Harman Kardon

Harman Kardon masih menjadi partner ASUS pada bagian audionya. Suaranya bagus, tapi tidak istimewa. Namun sudah sangat cukup jika digunakan untuk mendengarkan musik melalui Spotify atau YouTube.

Yang jelas, telinga kita tidak akan gatal mendengarkan suara musik yang cempreng dan mengganggu aktivitas kerja.


Say no more buat dongle-dongle club!


Port

Salah satu hal yang saya suka dari laptop ASUS Zenbook saat ini adalah, meskipun desainnya tipis dan berbobot ringan, namun masih memberikan port yang sangat berguna. Berbeda dengan MacBook yang harus mengorbankan port demi desain bodi yang tipis.

ASUS Zenbook 14X OLED menyediakan 1x USB 3.2 Gen 2 Type-A, 2x Thunderbolt™ 4 yang bisa digunakan untuk charge dan display, 1x HDMI 2.1 TMDS, 1x 3.5mm Combo Audio Jack dan Micro SD card reader.

Say no more buat dongle-dongle club!

Keyboard dan Touchpad

Keyboard yang dihadirkan cukup nyaman, saat ditekan juga cukup empuk. Jarak antar tombol juga pas, jadi meminimalisir typo. Digunakan untuk mengetik lama masih terasa nyaman.

Hal yang paling disayangkan, tombol power masih sebelahan dengan tombol delete. Saya seringkali salah menekan tombol power ketika sedang mengetik.

Touchpad yang dibawa laptop ini tidak terlalu lebar, namun masih cukup nyaman untuk digunakan. Selain itu, ASUS masih mempertahankan numpad digital yang ada di touchpad.

Saya rasa akan lebih baik jika numpad tersebut diganti dengan fungsi lain, misal shortcut untuk Netflix, Spotify atau aplikasi populer lainnya.

Windows Hello

Ada opsi sensor sidik jari untuk keamanan biometrik, which is good. Namun sangat disayangkan laptop ASUS Zenbook 14X OLED Space Edition ini tidak memberikan opsi pengenalan wajah. Webcam yang digunakan tidak mendukung metode tersebut.

Baca Juga:  HP Bersiap Luncurkan Laptop Dengan Layar Lipat

Baterai

Mungkin baterai adalah satu-satunya kekurangan pada laptop ini. Tidak buruk, bahkan tergolong normal untuk sebagian besar laptop yang beredar di market saat ini. Namun karena mengusung nama Zenbook, saya berharap bahwa laptop ini bisa bertahan lebih dari 8 jam pemakaian normal.

Saya menggunakan laptop ini untuk pekerjaan kantoran, presentasi, menulis di blog, berselancar internet dan mendengarkan musik, laptop ini hanya bertahan sekitar 4 jam.

Sayang sekali, karena jika saya ingin bekerja di luar kantor, mau-tidak mau harus membawa charger turut serta. Untung charger-nya kecil dan ringan, tidak seperti pendahulunya yang segede batu bata.

Performa

Kali ini saya akan review laptop ini sesuai dengan fitrahnya, sebagai laptop yang ditujukan untuk pebisnis, pekerja, dan pelajar. Saya tidak akan review laptop ini dengan bermain game, meskipun mampu untuk menjalankan game kasual.

Sudah jelas, untuk menjalankan program-program perkantoran, semua bisa dijalankan dengan baik. Sedangkan untuk render video 4K berdurasi 2 menitan menggunakan Adobe Premiere CC, waktu yang dibutuhkan kurang dari 10 menit.

Harga dan Spesifikasi ASUS Zenbook 14X OLED Space Edition

Varian yang saya review ini berharga Rp 30.000.000. Tapi ada juga yang seharga 20 jutaan saja.

Jadi inilah spesifikasi ASUS Zenbook 14X OLED Space Edition yang saya review:

  • Sistem model: Zenbook UX5401ZAS
  • Prosesor: Intel Core Gen 12 i9-12900H (20 CPU) 2.5GHz
  • RAM: 32 GB
  • Kartu Grafis: Intel Iris Xe
  • Penyimpanan: SSD 1TB
  • Layar: 14.0-inci, 4K (3840 x 2400) OLED 16:10 aspect ratio, LED Backlit, 0.2ms response time, 60Hz refresh rate, 550nits HDR peak brightness, 100% DCI-P3 color gamut, 1,000,000:1, VESA CERTIFIED Display HDR True Black 500, 1.07 billion colors, PANTONE Validated, Glossy display, 70% less harmful blue light, SGS Eye Care Display, Touch screen, With stylus support, Screen-to-body ratio: 92 %

Untuk spesifikasi yang lebih lengkap, kalian bisa kunjungi website resmi ASUS.

Kesimpulan

Seandainya laptop ini memiliki baterai dua kali lebih tahan lama, maka saya akan dengan mantap akan merekomendasikan laptop ini sebagai laptop untuk para digital nomad dan pekerja dengan mobilitas tinggi.

Namun di luar itu semua, laptop Zenbook Space Edition adalah laptop dengan performa yang bisa diandalkan untuk menjalankan aplikasi-aplikasi bisnis yang ada saat ini, bahkan juga mampu digunakan sebagai laptop kreator profesional.

Jika kalian adalah penggemar luar angkasa, laptop ASUS Zenbook 14X OLED Space Edition adalah gadget yang wajib kalian punya tahun ini!

asus vivobook 14x oled space edition
ASUS Zenbook 14X OLED Space Edition
Cakep Buat Dipakai Di Tempat Umum
Jika kalian adalah penggemar luar angkasa, laptop ASUS Zenbook 14X OLED Space Edition adalah gadget yang wajib kalian punya tahun ini!
PROs
Desain keren
Layar mantap
Port beragam
CONs
Baterai kurang tahan lama
4.4